Jadwal Lengkap Program Belajar dari Rumah di TVRI untuk TK, SMA Hingga Umum

Minggu, 12 April 2020 | 19:30
Pxhere

Anak sedang menonton tv.

Nextren.com - Akibat makin meluasnya pandemi virus corona di Indonesia, saat ini semua sekolah hingga kampus meniadakan kegiatan belajar mengajar.

Semuanya dilakukan secara online dari rumah masing-masing.

Ada berbagai cara dilakukan, namun yang terbanyak adalah lewat aplikasi video conference seperti Zoom, Skype, dan sebagainya.

Namun masalahnya, tak semua orang bisa mengakses internet yang stabil.

Baca Juga: 5 Tempat Belajar Online Kelas Fotografi Untuk Kamu yang di Rumah Saja

Faktor utama adalah ekonomi, dimana kondisi saat ini membuat sulit banyak orang untuk membeli paket data ataupun membeli smartphone yang memadai.

Kemudian untuk wilayah pinggiran, ternyata sinyal operator seluler juga tidak sampai.

Bahkan tak usah jauh-jauh ke luar Jawa, di wilayah Lebak Banten saja sinyal operator seluler masih sulit didapat.

Karena itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggagas program Belajar dari Rumah di TVRI, yang akan dimulai besok Senin (13/4/2020) pagi.

Baca Juga: Ini Isi Materi 8 Pelajaran dan Kumpulan Soal Kemendikbud untuk Belajar di Rumah

Masyarakat baik orangtua maupun anak-anak dari segala jenjang pendidikan, bisa menikmati tayangan-tayangan edukatif untuk selama berada di rumah.

Dari sisi jarak frekuensinya, TVRI memang punya jangkauan sangat luas hingga ke pelosok.

Apalagi mereka punya stasiun yang cukup banyak di daerah, ditambah perangkat TV yang lebih mudah didapat ketimbang smartphone.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim saat telekonferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta, pada Kamis (9/4/2020), Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-1.

Baca Juga: Cara Mengawasi Anak Belajar di Rumah Lewat Aplikasi Google Family Link

Menurut Nadiem, konten pembelajaran dalam program "Belajar dari Rumah" akan fokus pada literasi, numerasi, dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter.

Adapun isi dari Program Belajar dari Rumah di TVRI ini bisa dinikmati oleh anak-anak dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, hingga dewasa.

Setiap Sabtu dan Minggu, ada durasi tiga jam khusus untuk program kebudayaan, antara lain gelar wicara (talkshow), podcast, kesenian, dan magazine tentang perkembangan budaya dari seluruh Indonesia.

Sementara di malam hari akan ada pemutaran film Indonesia dengan pilihan berbagai genre, seperti film anak, drama, dan dokumenter.

Baca Juga: Sepekan Penerapan Kerja dan Belajar dari Rumah Trafik Data XL Axiata Naik 10 Persen, Ruang Guru dan Netflix Paling Melonjak

Kemendikbud akan menyiapkan 720 episode untuk penayangan program "Belajar dari Rumah" selama 90 hari di TVRI.

Kemendikbud kini sudah menyiapkan tayangan untuk dua minggu pertama, sambil memproduksi tayangan di minggu-minggu berikutnya.

Inilah pembagian jam tayang untuk program Belajar dari Rumah di TVRI setiap harinya.

Senin - Jumat

08.00 - 08.30 WIB Program untuk PAUD 08.30 - 09.00 WIB Program untuk Kelas 1-3 10.00 - 10.30 WIB Program untuk Kelas 4-6 10.30 - 11.00 WIB Program untuk jenjang SMP 14.00 - 14.30 WIB Program untuk jenjang SMA 14.30 - 15.00 WIB program Pengasuhan dan Pendidikan Anak 19.00 - 23.30 Film Terbaik Indonesia

Sabtu - Minggu

08.00 -23.00 WIB Tayangan Kebudayaan dan Film Terbaik Indonesia

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya