Akibat WFH, Trafik Broadband Telkomsel Meningkat Hingga 16 Persen

Selasa, 07 April 2020 | 19:45
Telkomsel

ilustrasi paket kuota keluarga Telkomsel

Nextren.com - Telkomsel terus memantau atas perkembangan situasi terkini terkait pandemi COVID-19 di Indonesia, untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi pelanggan.

Sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan dari Pemerintah RI untuk beraktifitas dari rumah, hingga kini Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi khususnya layanan broadband tertinggi mencapai 16%.

Lonjakan trafik komunikasi berbasis broadband secara keseluruhan tersebut juga didominasi oleh tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring (e-learning) seperti Ruang Guru, aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus dan Google Classroom, yang meningkat lebih dari 5404%.

Baca Juga: Inilah Jumlah Kuota Data yang Terpakai Untuk Streaming Film dan Musik

Hal tersebut juga didorong dari bertambahnya pelanggan yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB yang dihadirkan Telkomsel seperti aplikasi RuangGuru dan aplikasi Paket Ilmupedia (Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, Quipper dan ratusan situs e-learning kampus).

Selain itu, terjadi peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang layanan bekerja/meeting conference secara daring seperti Zoom, Microsoft Teams dan CloudX Telkomsel sebesar lebih dari 443%.

Sebelumnya, untuk mendukung pelanggan korporasi yang ingin terus produktif bekerja dari rumah, Telkomsel menghadirkan paket bebas kuota data hingga 60GB untuk akses aplikasi CloudX Telkomsel.

Baca Juga: Sepekan Penerapan Kerja dan Belajar dari Rumah Trafik Data XL Axiata Naik 10 Persen, Ruang Guru dan Netflix Paling Melonjak

CloudX merupakan solusi bisnis korporasi berbentuk layanan komunikasi berbasis cloud untuk chatting dan meeting, yang dapat diakses lewat tablet, handphone dan desktop.

Sejak diluncurkan pertama kali pada bulan Januari 2020, jumlah perusahaan yang menggunakan aplikasi CloudX Telkomsel tumbuh sebesar 2100%.

Telkomsel juga mencatat pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil.

Baca Juga: Industri Telko Butuh “Suplemen” Regulasi Karena Efek Wabah Virus Covid-19

Namun untuk trafik layanan komunikasi pesan instan (melalui Whatsapp, Line, dan Telegram) tumbuh sebesar 40%, sementara Games Online meningkat sebesar 34%.

Melonjaknya trafik payload games online juga diikuti dengan tumbuhnya pengguna aktif game portal dan media platform milik Telkomsel, Dunia Games, sebesar 56% dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya.

Adapun layanan hiburan seperti streaming video seperti melalui Youtube dan MAXstream, terjadi lonjakan trafik payload sebesar 17%.

Lonjakan tersebut juga didukung tumbuhnya jumlah pengguna layanan streaming video on demand MAXstream sebesar 18% dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca Juga: Pelanggan 'Hape Tua' Indosat Bisa Telpon Gratis ke Asisten Google Untuk Mencari Informasi Apapun

Untuk mengantisipasi tingginya minat pelanggan dalam mengakses layanan MAXstream, Telkomsel telah menyediakan paket MAXstream Gala Plus, yang memungkinkan pelanggan dalam menikmati kuota besar untuk menonton berbagai konten di MAXstream.

Selain itu, untuk memastikan kualitas jaringan di wilayah residensial, Rumah Sakit Rujukan dan Rumah Sakit Darurat COVID-19, Telkomsel juga telah melakukan antisipasi dengan mengoptimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz, yang sudah tersedia di seluruh BTS yang menjangkau kawasan tersebut.

Berikutnya, Telkomsel bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI serta Satuan Gugus Tugas COVID-19, membantu menyediakan layanan broadcast SMS untuk penyebaran informasi terkini terkait dengan himbauan dan edukasi, untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaraan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia.

Tag

Editor : Wahyu Subyanto