Punya Tiket KA Tapi Ragu-ragu Mau Mudik? Bisa Dibatalkan Secara Online

Rabu, 25 Maret 2020 | 18:05
KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES

Ramadhan 1440 H: Tiket KA Mudik Lebaran Jurusan Jateng dan Jatim per 20 Mei 2019 Masih Tersisa, Catat Jadwal Keberangkatannya!

Nextren.com - Wabah virus corona membuat banyak kegiatan ditunda atau dibatalkan.
Bahkan aktifitas penting seperti mudik tahunan, juga berpeluang besar untuk dilarang.
Tujuannya untuk menghindarkan keramaian dan penumpukan orang yang berpotensi besar membuat penularan penyakit virus corona.
Nah bagi kamu yang sudah beli tiket kereta tapi ragu-ragu untuk meneruskan perjalan atau tidak, maka PT KAI menyiapkan sistem pembatalan online.
Baca Juga: Superkomputer Tercepat di Dunia Ikut Menelusuri 8000 Senyawa Untuk Mencari Obat Virus Covid-19
Terhitung sejak Senin (23/3), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta melakukan pengurangan jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19 atau virus Corona.
Eva Chairunisa Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta menjelaskan, terdapat 19 keberangkatan Kereta Api (KA) yang mengalami pembatalan perjalanan dengan jadwal keberangkatan kurun waktu 23 Maret - 1 April 2020.
Adapun kereta api yang mengalami pembatalan operasional tersebut merupakan rute yang memiliki jarak berdekatan, sehingga calon penumpang memiliki pilihan kereta api lain jika memang harus tetap melakukan perjalanan.
Baca Juga: Cara Kalibrasi Warna Layar iPhone di iOS 13, Agar Warnanya Tidak Kekuningan
"Namun, jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke kereta lain, maka dapat dilakukan pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100%," ujar Eva dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Rabu (25/3).
Baca Juga: Sebanyak 19 perjalanan kereta api jarak jauh dibatalkan, ini daftarnya
Menurut Eva, pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100% juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat virus corona, yaitu 23 Maret - 29 Mei 2020.
"Secara total terhitung sejak 1 Maret 2020 hingga kini sekitar 71.000 tiket untuk keberangkatan hingga 90 hari ke depan telah dilakukan proses pembatalan baik melalui loket stasiun dan jalur online," katanya.
Baca Juga: Ini Spek dan Harga Realme 6 yang Ditawarkan Pada Flash Sale Lazada
Selain itu, guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun, KAI Daop 1 Jakarta menginformasikan bahwa pembatalan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.
Terutama di dua stasiun keberangkatan kereta api jarak jauh, Stasiun Gambir dan Pasar Senen.
Eva menambahkan, meskipun pembelian tiket melalui stasiun dan channel penjualan tiket yang lain, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access.
Yang terpenting nomor identitas yang di daftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket.
Baca Juga: Gojek Galang Dana Karyawan Untuk Sumbang ke Mitra dan Merchant
Bahkan, pembatalan melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking.
"Yang perlu dipastikan, calon penumpang memiliki aplikasi KAI Access dengan versi paling update, maka dapat membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100%. Bagi pengguna yang telah memiliki Aplikasi KAI Access dapat melakukan proses update pada aplikasi tersebut," jelasnya.
Menurut Eva, jika tidak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access, calon penumpang dapat langsung datang ke loket pembatalan yang ada di stasiun.
Terdapat delapan stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh. Masing-masing stasiun memiliki 3 loket untuk melayani pembatalan tiket.
Baca Juga: Solusi Grab dan Gojek Saat Social Distancing Untuk Para Mitra
Bahkan, guna menghindari antrean, khusus di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, ditambah menjadi 5 loket layanan pembatalan tiket.
Berikut jadwal operasional pelayanan loket pembatalan tiket di stasiun yang buka setiap hari (Senin-Minggu):
Stasiun Gambir: Pukul 07.00 - 22.00 WIBStasiun Pasar Senen: Pukul 07.00 - 22.00 WIBStasiun Jakarta Kota: Pukul 07.00 - 19.00 WIBStasiun Bogor: Pukul 09.00 - 16.00 WIBStasiun Cikampek: Pukul 07.00 - 22.00Stasiun Rangkasbitung: Pukul 09.00 - 16.00 WIBStasiun Serang: Pukul 09.00 - 19.00 WIBStasiun Bekasi : Pukul 07.00 - 22.00 WIB
Baca Juga: Ingin Video Call dengan 50 Orang Sekaligus? Gunakan Aplikasi Ini
Informasi perjalanan kereta api dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_
Artikel ini tayang di kontan.co.id, dengan judul : Masa tanggap darurat, pembatalan tiket kereta api jarak jauh bisa dilakukan onlineReporter: Selvi Mayasari

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya