Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com - Youtube sudah lama menjadi platform yang memberikan penghasilan kepada youtubernya.
Menyusul Youtube, Instagram pun lewat IGTV akan memberikan akses pengguna untuk mendapatkan penghasilan.
Hadir di tahun 2018, IGTV merupakan fitur video berdurasi panjang dari Instagram.
Kehadiran monetize ini bisa digunakan pengguna Instagram seperti selebgram, artis, atau konten kreator lainnya.
Baca Juga: IGTV Makin Laris, Bakal Segera Bisa Tampilkan Video Horisontal
Merangkum The Next Web, informasi ini diketahui berasal dari akun Twitter Jane Wong.
Ia memberikan bocoran tampilan pengaturan monetize video IGTV beserta captionnya.
Jane berkata bahwa monetize ini akan memberikan iklan pendek ke IGTV, sehingga pengguna yang ingin menonton IGTV harus siap-siap terinterupsi.
Baca Juga: Twitter Update Desain Terbaru yang Bisa Membalas Thread Tweet di iOS
Setelah Youtube, bukanlah Instagram melainkan Facebook yang melakukan monetisasi diplatformnya.
Pada Facebook, merangkum TechCrunchproduser atau yang memiliki video mendapat pendapatan sebesar 55 persen.
Untuk di IGTV sendiri, belum diketahui namun karena perusahaan tersebut dikepalai dengan perusahaan yang sama jadi mungkin saja penghasilan kreator juga sebesar 55 persen.
Merangkum Bloomberg, sebelumnya diketahui Instagram bekerjasama membayar beberapa artis untuk membuat beberapa konten kecil di IGTV.
Baca Juga: Instagram Hadirkan Fitur Baru Untuk InstaStory, Buruan Coba Yuk!
Pihak Instagram mengatakan kehadiran monetize berguna untuk membantu para kreator di platformnya.
Pihaknya juga menjelaskan bahwa Instagram terus berupaya mengembangkan IGTV sehingga berguna untuk para kreator.
It’s no secret that we’ve been exploring this. We focused first on making sure the product had legs — else there would be little to monetize in the first place. IGTV is still in its early days, but it’s growing and so we’re exploring more ways to make it sustainable for creators.Baca Juga: Instagram Bikin Fitur Untuk Sortir Followers yang Seru dan Boring— Adam Mosseri (@mosseri) February 7, 2020
Untuk saat ini monetisasi masih diuji coba oleh Instagram dan belum siap untuk digunakan.
(*)