Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com - Kasus Ilham Bintang terkait pembobolan rekening banknya yang hanya melalui nomor kartu SIM memberikan banyak orang bersuara tentang kasus yang sama.
Termasuk Nana Fitria yang berasal dari Kediri, ia menceritakan kasusnya juga di Facebook seperti yang dilakukan oleh Ilham.
Yang menariknya ialah provider kartu SIM Nana sama dengan Ilham juga, yaitu Indosat.
Kronologinya pada tanggal 19 November 2019, hape Nana tiba-tiba hilang sinyal dan ia pun langsung pergi ke gerai Indosat Kediri untuk meminta ganti kartu.
Sampai saat itu tidak apa-apa, hingga tanggal 25 November 2019 terjadi lagi hal serupa.
Sinyal hape Nana hilang setelah menerima pesan OTP dari 2525, cukup berbeda dari yang sebelumnya dan ia juga mengaku tidak membagikan kode OTP ini ke siapapun.
Ketika sinyal blank pada tanggal tersebut, Nana baru mengalami kebobolan dari rekening bank sampai ke WhatsApp.
Ia mengaku tidak bisa mengakses dengan pin yang sama, yang sepertinya sudah diganti oleh pelaku.
Baca Juga: Nostalgia Bareng Yuk Sama Netizen di Twitter Bahas Hape Pertama Kali
Nana berpikir nomornya yang didapatkan pelaku digunakan untuk reset pin dan diganti juga dengan nomor yang baru.
Nana di akun Facebook-nya juga menjelaskan beberapa akun yang jebol pada tanggal 1 Desember 2019.
Yaitu Tabungan Emas Pegadaian, OVO, Link Aja, Dana, Tokopedia, Bukalapak, Mitra Buka lapak, Gojek, Rekening Ponsel CIMB Niaga, Traveloka, WhatsApp dan BTPN Jenius.
Di Facebooknya, ia bersyukur masih ada beberapa akun di perbankan aman.
Baca Juga: TikTok Pasang Sistem Keamanan Terbaru untuk Amankan Data Penggunanya
Ia menjelaskan lagi, kebobolan ini terjadi saat kartu SIM-nya masih terpasang di hape dan hape tidak hilang.
Ia juga mengaku tidak pernah mengakses Wi-Fi publik, kartu SIM masih aktif dan tidak dalam masa tenggang.
Nana juga tidak pernah membagikan kode OTP, lalu status kartu SIM sudah 4G dan juga tidak meminta perpindahan jaringan dari 3G ke 4G.
Yang jelas Nana juga tidak mengklik link atau hal yang bersifat phising.
Nana bercerita sudah ke gerai Indosat Kediri melaporkan yang terjadi padanya dan melapor juga ke Cyber Crime POLDA Jawa Timur per 1 Desember.
Beda dengan kasus Ilham yang langsung ditanggapi oleh pihak Indosat, Nana mengaku tidak mendapat tanggapan dari pihak Indosat, kecuali seseorang bernama Aya dari Indosat Solo Paragon yang menghubunginya via WhatsApp pada tanggal 11 Januari ini.
Setelah Nana mengunggah postingannya banyak komentar berdatangan yang mengatakan pernah mengalami kejadian serupa namun dengan berbeda versi.
Baca Juga: Begini Detil Tahapan Bobolnya Saldo GoJek Maia Estianty dan Cara Mencegahnya
Ia juga mengingatkan kejadian pembobolan seperti ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi di provider lainnya.
Sedangkan Ilham sudah melaporkan kasusnya ke pada pihak Polisi per tanggal 17 Januari, namun belum diketahui kapan pemanggilan Ilham Bintang selaku korban oleh pihak Kepolisian.
(*)