Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com - Maraknya pembobolan uang yang menggunakan platform ojek online ternyata bersambung ke pembobolan uang lewat kartu SIM.
Kejadian tersebut dialami wartawan senior, Ilham Bintang yang menceritakannya lewat Facebook, Selasa (14/1).
Dalam unggahannya ia menceritakan kronologi ketika ia sedang berada di bandara Sydney pada tanggal 4 Januari, Ilham mengaku sudah tidak bisa menggunakan hapenya karena jaringan SOS.
Ia merasa bingung, padahal ia sudah membeli paket roaming untuk digunakan di Australia.
Baca Juga: Pesan Makanan via GoFood di Papua, Berujung Bobolnya Rp 28 Juta Dari Rekening Bank
Dampaknya, rekening bank Ilham di Commonwealth Bank dibobol, hingga mengambil uang dengan jumlah kecil pun tidak bisa.
Tidak hanya itu, Ilham mengaku di kartu kredit bank BNI-nya pun ada transaksi yang tidak ia kenal selama tiga hari yaitu 4,5,6 Januari.
Ia pun bergegas menghubungi pihak-pihak terkait, yang pertama ia berkunjung ke Melbourne untuk ke Commonwealth bank.
Di sana ia mendapat laporan bahwa benar terdapat bukti transfer ke hampir seratus rekening, Ilham merasa kecewa dengan sistem keamanan Commonwealth bank dan mengajukan protesnya.
Baca Juga: Begini Detil Tahapan Bobolnya Saldo GoJek Maia Estianty dan Cara Mencegahnya
Yang kedua, Ilham menyuruh stafnya yang berada di Jakarta untuk berkunjung ke kantor Indosat menanyakan soal kartu SIM-nya.
Ia sendiri yang berbicara dengan petugasnya dan mendapat jawaban bahwa kartu SIM-nya rusak dan untuk penggantiannya pengguna harus datang sendiri.
Yang ketiga, Ilham juga mencoba bertanya langsung ke petinggi Indosat, yang dua hari kemudian baru mendapat sebuah resmi yang dikirim oleh Shavira, VIP Customer Care Indosat.
Isinya merupakan bukti bahwa adanya pergantian kartu SIM pada 3 Januari pukul 21.02 WIB di gerai Indosat Bintaro Jaya Xchange.
Baca Juga: Cara Ini Indosat Ooredoo Sukses Atasi Kenaikan Traffic di Akhir Tahun
Ilham bercerita dalam percakapan telepon dijelaskan ada orang yang mengaku sebagai dirinya, namun tidak dijelaskan seperti apa mekanisme verifikasi dan validasi penggantian kartu SIM di Indosat.
Kejadian ini direspon oleh pihak Indosat dengan mau bekerjasama untuk menangani kasus ini yang dikutip dari Kompas Tekno.
"Kami akan bekerjasama, termasuk jika ada proses yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan ini dan menjaga kenyamanan pelanggan kami," ujar Turina Farouk, SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo melansir Antara, (20/1).
Baca Juga: Begini Detil Tahapan Bobolnya Saldo GoJek Maia Estianty dan Cara Mencegahnya
Pihak Indosat dan Ilham Bintang pun sudah bertemu dan berbicara tentang kejadian yang dialaminya.
Ilham mengaku membagikan ceritanya agar semua pelanggan telepon selular lebih waspada dan nasabah perbankan juga.
Ada CCTV terkait kejadian tersebut, Ilham bercerita pada Facebooknya juga kejadian penukaran nomor kartu SIM pun tidak lama hanya 7 menit.
Tidak terlihat adanya proses verifikasi dan bahkan menurut pihak Indosat petugasnya pun lupa memfotocopy KTP tersangka.
(*)