Harbolnas 2019 Raih Transaksi Rp 9 Triliun, Produk Lokal Sumbang Rp 4,6 triliun

Kamis, 19 Desember 2019 | 15:00
Alfi/NOVA.id

Foto bersama pada acara Grand Lauching Harbolnas 2018 di Le Meridien Hotel, Rabu (05/12)

Laporan Wartawan Nextren, Wahyu Prihastomo

Nextren -Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas tahun ini sudah kita lewati.

Puncaknya adalah pada tanggal 12 Desember kemarin.

Pada perayaan Harbolnas tahun ini, banyak e-commerce yang sudah menawarkan promo belanja sejak bulan Oktober.

Baca Juga: Saat 1,2 Juta Barang Terjual Hanya Dalam Satu Jam di Harbolnas 12.12

Tepatnya lewat program 10.10 (10 Oktober) dan juga 11.11. (11 November).

Baru-baru ini lembaga survei Nielsen Indonesia merilis jumlah transaksi yang terjadi selama puncak Harbolas, yaitu pada tanggal 11 sampai 12 Desember 2019.

Dilansir dari Kompas.com, jumlah transaksi yang tercatat dalam dua hari itu mencapai Rp 9 triliun.

Kami yakin, kamu jadi salah satu penyumbang transaksi tersebut.

Baca Juga: Daftar Diskon Harbolnas 12.12 untuk Produk Kosmetik dan Skincare Asli Korea, Sikat!

Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) melihat fenomena ini sebagai bentuk kepercayaan masyarakat terhadap belanja online.

“Ini menunjukkan adanya peningkatan trust masyarakat pada belanja online,” kata Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung, Rabu (18/12/2019).

Dalam acara Gala Dinner dan Penutupan Harbolnas 2019, idEA juga menyampaikan target transaksi untuk tahun ini.

Baca Juga: Harbolnas 12.12, Xiaomi Redmi Note 8 Pro Ludes Hanya 6 Menit

Cukup mengejukan ternyata target transaksi yang disiapkan idEA hanya sebesar Rp 8 triliun.

Artinya jumlah transaksi pada Harbolnas tahun ini melebihi perkiraan awal.

Jumlah ini juga naik sekitar Rp 2,3 miliar kalau dibandingkan dengan puncak Harbolnas tahun lalu.

Baca Juga: Meriahkan Harbolnas, 12.12 realme Carnival Hadirkan Produk Lengkap untuk Pelanggannya

Menariknya lagi, Director of Nielsen Indonesia, Rusdy Sumantri mengatakan, kenaikan angka itu salah satunya disebabkan oleh peningkatan penjualan produk lokal.

Tahun ini penjualan produk lokal menyumbang hingga Rp 4,6 triliun, naik Rp 1,5 triliun dari tahun lalu.

Bukan cuma belanja produk, faktor lain yang menyebabkan kenaikan ini adalah pemanfaatan diskon untuk pembayaran tagihan atau top up lewat e-commerce.

Baca Juga: Begini Trik Agar Kamu Bisa Dapat Barang Incaran di Harbolnas 12.12

Di sektor ini saja Nielsen Indonesia mencatat kenaikan sebesar 7 persen dari tahun lalu.

Untuk produk yang paling banyak diburu tahun ini adalah dari kategor fashion, pakaian olahraga, dan kosmetik.

Nah, di Harbolnas tahun ini, produk apa saja yang berhasil kalian bawa pulang? (*)

Baca Juga: Begini Awal Mula Perayaan Harbolnas, Ternyata E-Commerce Ini yang Jadi Pelopornya

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya