Kuartal III-2019 Xiaomi Raih Pendapatan Rp 108 triliun, Berhasil Jual 31,1 Juta Unit Smartphone

Sabtu, 30 November 2019 | 19:30
Xiaomi

Deretan hape Xiaomi

Nextren.com - Vendor gadget Xiaomi melaporkan kinerja keuangan pada kuartal III-2019 yang berakhir pada 30 September 2019.

Selain mencapai rekor revenue tertinggi, Xiaomi juga meraih peningkatan gross maupun net profit yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Xiaomi melaporkan kinerja keuangan terkonsilidasi pada kuartal ketiga 2019 dengan peningkatan revenue 5,5 persen year-on-year (Y0Y) ke angka RMB 53,7 miliar (Rp 108 triliun).

Angka ini diklaim sebagai rekor revenue tertinggi sejak Xiaomi didirikan.Baca Juga: Raih Pelanggan 58,8 Juta, Total Pendapatan Indosat Ooredoo 9 Bulan Ini Tumbuh 12,4 Persen

Pada periode ini juga Xiaomi membukukan net profit sebesar RMB 3,5 miliar (Rp 7 triliun), naik 20,3 persen YoY.

Total net profit yang sudah dicapai pada tiga kuartal terakhir adalah RMB 9,2 miliar (Rp 18,5 triliun), melampaui net profit yang diraih pada periode yang sama pada tahun lalu.

Keberhasilan ini disebutkan berkat operasional yang prudent, optimalisasi pada portofolio produk, posisi yang kuat di segmen mid-to-high dan keuntungan dari strategi multi-brand, serta peningkatan revenue yang luar biasa dari lini bisnis Xiaomi di luar negeri.

Baca Juga: Trafik Data Naik 55 Persen, Telkomsel Raih Pendapatan Rp 68,3 Triliun

Adapun penjualan smartphone Xiaomi telah mencapai 32,10 juta unit dan perusahaan berada di urutan keempat dunia untuk kategori smartphone shipment, berdasarkan data Canalys.

Xiaomi juga memperkenalkan smartphone 5G pertama Mi MIX 3 5G di Eropa dan meluncurkan Mi 9 Pro 5G di Mainland China.

Selain itu, Xiaomi juga memperkenalkan konsep smartphone 5G futuristik yaitu Mi MIX Alpha, yang mengusung teknologi surround display pertama di dunia dengan rasio screen-to-body sampai 180,6%.

Untuk teknologi smartphone kamera, Xiaomi baru saja memperkenalkan Mi CC9 Pro pada November 2019, yang mempelopori 108MP penta-camera di dunia.

Baca Juga: Selama 9 Bulan Ini, Pendapatan XL Axiata Tumbuh 11 Persen dengan 70 Persen Pengguna 4G

Mi CC9 Pro Premium Edition kemudian meraih skor 121 di daftar DxOMark untuk keseluruhan kinerja kamera, dan bercokol di posisi pertama.

Menurut Lei Jun, Pendiri, Komisaris Utama dan CEO Xiaomi, Xiaomi telah mencapai kemajuan yang memuaskan berkat perluasan basis pengguna sejak mengadopsi strategi dual-engine smartphone+AIoT.

Mengantisipasi datangnya era 5G, Xiaomi juga sudah siap-siap menghadapi trend pasar dan beroperasi dengan prudent.

Mereka akan meluncurkan setidaknya 10 model smartphone 5G pada 2020.

Tag

Editor : Wahyu Subyanto