Laporan Trend Belanja Online 2019 UC Browser: 4,5 Juta Pengguna Indonesia Rayakan UC 11.11 Shopping Festival

Jumat, 29 November 2019 | 13:50

Ilustrasi Belanja Online

Nextren.com - Setelah berhasil mengadakan kampanye festival belanja online UC 11.11, UC Browser mengumumkan wawasan dan laporan dari trend belanja online 2019.

Laporan ini dibuat berdasarkan aktivitas pengguna dari 5 November sampai 11 November 2019 di UC Shopping Festival.

Pada kampanye shopping festival lalu, UC Browser berkolaborasi dengan Lazada untuk mengadakan berbagai aktivitas in-app sebagai bentuk inovasi belanja dengan pengalaman yang menyenangkan dan menarik.

Sebanyak lebih dari 4.500.000 pengguna UC merayakan 11.11 Shopping Festival dengan mengikuti berbagai kegiatan belanja dalam aplikasi.

Baca Juga: Kera Pintar Ini Ikut Rayakan 11.11, Belanja Online dengan Hape Pawangnya

UC
way

5 produk teratas di UC 11.11

Laporan ini juga mencatat temuan menarik lainnya yakni adanya 5 produk yang ditawarkan telah memberikan 1.8 juta impresi.

Dalam laporan trend belanja online 11.11 lalu juga mencatat bahwa game Lucky Stars telah diikuti lebih dari 300.000 pengguna, dan lebih dari 1 juta pengguna telah mengikuti game “Terus Bagikan… Biar Dapat Gratisan”. Dengan jumlah partisipasi tersebut, banyak voucher Lazada senilai lebih dari 6 miliar rupiah telah didistribusikan ke pengguna UC.

Laporan ini juga memberikan wawasan menarik bagi marketers yakni ada 4.5 juta pengguna yang merayakan UC 11.11 Shopping Festival dan 5 produk yang ditawarkan memberikan 1.8 juta total impresi, dengan Redmi Note 7 menjadi item paling populer. Data tersebut juga menunjukkan bahwa aktivitas in-app menjadi salah satu contoh saluran pemasaran kreatif saat ini.

Poin penting lainnya dari laporan ini adalah setidaknya lebih dari 4000 artikel telah diproduksi di Shopping Channel, dengan artikel yang paling banyak dibaca mulai dari ulasan produk kosmetik, fashion, olahraga hingga smartphone.

Baca Juga: Percakapan Tentang Belanja di Twitter Meningkat 2 Kali Lipat Saat Harbolnas

Data ini menunjukkan bahwa pengguna menjadi lebih cerdas sebelum membeli suatu produk, dan mereka membutuhkan informasi yang dapat meyakinkan mereka sebelum membuat suatu pembelian. Kebutuhan akan informasi inilah yang membantu dan memudahkan pengguna sebelum mereka berbelanja.

“Online Shopping merupakan gaya hidup yang dekat dengan masyarakat Indonesia. Dengan dipublikasikannya laporan trend belanja online ini, kami ingin berbagi wawasan menarik bukan hanya bagi pengguna, tapi juga bagi marketers dan klien,” ujar Huaiyuan Yang, Vice President, UC Web Global Business, Alibaba Innovation Initiatives Business Group.

UC
way

produk terfavorit di UC 11.11

Interaksi antara pengguna dan produk yang diinginkan dapat dilihat dari hasil laporan tersebut, dimana aktivitas in-app memungkinkan pelanggan dan brand mendapatkan nilai tambah sehingga akan mendorong lebih jauh lagi pemasaran kreatif.

"Laporan ini juga menjadi masukan bagi kami, brands, dan platform e-commerce untuk mempromosikan online shopping di Indonesia dan memperkaya kebutuhan digital pengguna dalam satu platform.," tambah Huaiyuan Yang.

Baca Juga: Promo Harbolnas 11.11: Begini Strategi Belanja di Ecommerce Agar Kantong Aman

way
way

Aplikasi UC Browser

UC 11.11 Shopping Festival juga diadakan di empat negara lainnya yaitu India, Thailand, Russia, dan Vietnam. Secara keseluruhan, UC 11.11 Shopping Festival diikuti oleh lebih dari 25 juta pengguna dan menghasilkan lebih dari 1 miliar impresi untuk konten festival belanja 11.11.

Program belanja 11.11 dengan dukungan konten yang kuat merupakan komitmen UC untuk terus membangun ekosistem digital, sekaligus memberikan beragam nilai tambah bagi pelanggan, jadi pengguna bisa menikmati manfaat dari perkembangan teknologi digital.

Kolaborasi UC dengan Lazada melalui aktivitas in-app tersebut bisa menjadi contoh sukses yang dapat dimanfaatkan oleh para brands dan platform e-commerce lainnya. Tujuannya untuk mendorong pemasaran kreatif dengan menempatkan kebutuhan dan kepuasan pelanggan di garda depan komunikasi mereka dengan pelanggan.

Editor : Wahyu Subyanto