Laporan Wartawan Nextren, Wahyu Prihastomo
Nextren -Bagi banyak perusahaan pembuat ponsel, Indonesia dianggap jadi salah satu pasar yang paling potensial.
Rasa penasaran dan tingkat kebutuhan yang tinggi membuat ponsel sangat laku di Indonesia.
Di antara ponsel-ponsel yang laku tersebut, merek apa yang paling laku?
Baca Juga: Masalah Hukum Terkait Meledaknya Samsung Galaxy Note 7 Ternyata Belum Usai
Lembaga riset IDC baru saja merilis data merek ponsel terlaris di Indonesia untuk kuartal 3 atau Q3 tahun 2019, seperti dilansir dari Infokomputer.
Dalam daftar 5 besar yang dirilis, ternyata Oppo berhasil melengserkan dominasi Samsung di periode sebelumnya.
Di Indonesia Oppo meraih pangsa pasar sebesar 26,2 persen.
Baca Juga: Hape Oppo Bermasalah Saat Hendak Naik Pesawat? Bisa Mampir ke Oppo Store di T3 Bandara
Kemungkinan besar jajaran ponsel kelas menengah merekalah yang jadi pemain utamanya.
Di bawah Oppo ada Vivo dengan pangsa pasar 22,8 persen.
Sama degan Oppo, sampai saat ini Vivo juga masih jadi pilihan utama masyarakat yang ingin mencari ponsel dengan harga menengah ke bawah.
Baca Juga: Spesifikasi vivo S5: Kamera 48MP, RAM 8GB, Snapdragon 712 dan Fast Charging 22,5W
Samsung baru muncul di posisi ketiga dengan pangsa pasar 19,4 persen.
Hasil ini terbilang cukup buruk. Apalagi kalau dibandingkan dengan periode Q2 yang sanggup menembus 26,9 persen.
Padahal produk kelas menengah mereka dari seri bisa dibilang sangat laris di pasaran.
Di sisi lain, IDC menilai peluncuran varian baru dari seri A seperti Galaxy A50s, 30s, 20s, dan lainnya terlalu cepat.
Baca Juga: Di Q3 2019, realme Mengisi Posisi Empat Pangsa Pasar Smartphone Indonesia
Hal itu dianggap jadi salah satu penyebab anjloknya pangsa pasar Samsung di Indonesia.
Setelah Samsung ada Realme yang mampu mencatatkan pangsa pasar 12,6 persen.
Sudah tidak diragukan lagi kalau deretan ponsel 1-2 jutaan dari Realme memang banyak dipilih masyarakat.
Periode ini Realme berhasil menggusur Xiaomi ke posisi 5 dengan pangsa pasar 12,5 persen, selisih yang sangat tipis.
Baca Juga: Xiaomi Mi Note 10 Berkamera 108 MP Sudah Lolos TKDN, Segera Rilis di Indonesia?
Laporan lain juga dirilis oleh Canalys. Tapi Canalys rupanya memiliki catatan yang sedikit berbeda.
Oppo tetap di puncak dengan 23 persen. Sementara di posisi kedua diisi oleh Xiaomi yang meraih pangsa pasar mencapai 22 persen.
Rupanya data dari kedua lembaga ini menunjukkan hasil yang berbeda.
Baca Juga: Bocoran Samsung Galaxy S11: Layar Lebih Besar dan Tersedia 5 Varian
Walaupun begitu, Canalys sama-sama mencatat Samsung ada di posisi ketiga dengan 21 persen pangsa pasar.
Di bawahnya berturut-turut ada vivo dengan 17 persen dan Realme dengan 11 persen.
Hasil di kuartal ini dirasa cukup mengejutkan oleh beberapa pihak, terutama pecinta Samsung.
Tapi di sisi lain patut diakui juga kalau belakangan ini merek seperti Oppo, Vivo, Realme, dan Xiaomi semakin gencar menghadirkan jagoan terbaik mereka. (*)
Baca Juga: realme XT Masuk Indonesia, Jagokan Kamera 64MP, Layar Super AMOLED dan Fingerprint Layar