Aplikasi Feet's Tawarkan Cara Digital Untuk Dongkrak Keterlibatan Karyawan Milenial

Selasa, 29 Oktober 2019 | 17:23
way

Launching aplikasi feets

Nextren.com - Generasi milenial ini memang punya kebiasaan dan karakter yang berbeda dibanding karyawan sebelumnya, termasuk para pimpinannya.

Maka perlu cara khusus untuk mengajak mereka agar mau terlibat lebih jauh dalam aktifitas perusahaan.

Karena mereka sangat lekat dengan teknologi, maka upaya lewat aplikasi tentu akan lebih mudah diterima.

Atas latar belakang itu, hari ini di Jakarta (29/10), Feet’s secara resmi meluncurkan aplikasi pengelolaan keterlibatan karyawan di Indonesia.

Baca Juga: KETIX, Aplikasi Karya Anak Bangsa Ini Siap Gantikan Facebook

Aplikasi Feet’s ini dirancang secara khusus untuk mengakui, melibatkan, serta memberdayakan peran karyawan dalam perusahaan.

Dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi, aplikasi berbasis mobile Feet’s akan mengubah interaksi antara perusahaan dan karyawan.

Aplikasi ini diklaim bisa membantu perusahaan untuk mendengar dan melibatkan karyawan, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik, lebih menyenangkan dan produktif.

William Loh, the Head of Project Feet's, menyampaikan, "Kami percaya bahwa keterlibatan dan moral karyawan sangat mempengaruhi tingginya produktivitas di organisasi manapun."

Baca Juga: 4 Aplikasi Ojek Online Alternatif GoJek dan Grab, Ada yang Lebih Murah Loh

Sementara Indonesia sebagai pasar berkembang, memiliki kompleksitas geografis dan demografisnya tersendiri, sehingga akan memberikan tantangan khusus kepada perusahaan saat mengelola keterlibatan karyawan.

Menurut Laporan Global Employee Engagement Trends 2018 terbaru AON, hanya terdapat sekitar 65% karyawan yang terlibat dalam perusahaan di Asia Pasifik.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Dale Carnegie mengungkapkan bahwa, di Indonesia sendiri, 62,6% dari tenaga kerja adalah milenial dan hanya 25% dari mereka yang terlibat penuh, sementara 66% lainnya hanya terlibat sebagian.

Sebanyak 70% pemimpin senior percaya bahwa keterlibatan karyawan memiliki dampak besar bagi performa finansial.

Baca Juga: Aplikasi Bimbel Kelas Pintar Punya Fitur Baru, Bisa Selesaikan Soal Dalam 15 Menit

Google Play
way

Aplikasi Feets di Google Play

Selanjutnya hampir 49% menyatakan sangat setuju jika karyawan mereka menjadi lebih produktif dengan pengelolaan keterlibatan karyawan yang tepat.

Tantangan di era saat ini dalam hal pemenuhan kebutuhan karyawan cukup sulit, terutama untuk organisasi multinasional dan berskala besar.

Idealnya, perusahaan harus melakukan studi keterlibatan karyawan untuk mengukur indikator kepuasan dan perilaku karyawan.

Menurut Ellyana Rosaline, Managing Director Feet's untuk Indonesia, mengatakan bahwa Feet's dirancang dengan mempertimbangkan faktor kebahagiaan, serta juga bertujuan untuk membina hubungan baik antara manajer dan rekan-rekan mereka di tempat kerja secara real time.

Baca Juga: Aplikasi Tebengan Makin Disukai, Bisa Pulang Pergi Bareng dan Menambah Penghasilan

Yang membuat Feet's unik adalah alur kerjanya yang sederhana dan ramah, dikombinasikan dengan kolaborasi bersifat terbuka, interaksi sosial, crowdsourcing, dan gamifikasi.

Melalui keterlibatan yang lebih baik dengan karyawan, perusahaan diharapkan akan dapat mengurangi tingkat turnover karyawan mereka.

Feet's adalah anggota dari Ramssol Group, sebuah perusahaan teknologi sumber daya manusia (SDM) untuk Asia.

Itu adalah perusahaan teknologi SDM, dimana Feet’s fokus pada pengembangan teknis dan fungsional dari Human Capital Management System (HCM) di seluruh dunia.

Baca Juga: Paket Sehari Sampai Dari Aplikasi Paxel Dengan Ongkir Flat, Manfaatkan Big Data AI dan Smart Locker

way
way

Tampilan menu aplikasi feets

Berkolaborasi dengan departemen psikologi dan AI dari University of Malaya, Feet’s menggabungkan Artificial Intelligence atau Inteligensi Buatan ke dalam aplikasi.

Tujuannya agar mampu merumuskan pertanyaan dalam mengumpulkan umpan balik yang cermat.

Tanggapan dan analisa mendalam dari fungsi AI di Feet’s akan membantu manajer untuk memulai diskusi yang lebih bermakna dengan tim.

Aplikasi ini juga menawarkan sumber motivasi baru dan menciptakan budaya yang mendorong kinerja karyawan untuk pertumbuhan perusahaan dalam waktu yang singkat dan real time.

Baca Juga: Aplikasi RedDoorz Incar Status Unicorn, Siap Tambah Ribuan Kamar Tahun Depan

Fun and Rewarding Employee Engagement

Tidak hanya itu, Feet’s juga bisa membuat survei kepuasan menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dijawab oleh karyawan.

Alhasil, perusahaan dapat mengumpulkan kritik dan saran dengan cepat dan tepat.

Selain survei, Feet’s juga menawarkan berbagai fitur yang fun seperti Makan Buddy, yang memungkinan karyawan dapat mengorganisir kegiatan makan siang bersama.

Lalu ada pula Feeters Forum sebagai platform untuk diskusi karyawan serta Weekly Quizzes.

Baca Juga: Waduh, ISIS Ternyata Gunakan Aplikasi TikTok Untuk Rekrut Anggota

Berikutnya ada fitur HighFivers Recognition Platform untuk menghargai pencapaian karyawan, dan T'ing! sebagai kotak saran.

Karyawan akan diberi imbalan atas keterlibatan mereka melalui sistem poin dan hadiah.

Poin itu kemudian dapat digunakan untuk menebus hadiah di aplikasi seperti voucher dan diskon dari mitra perusahaan.

Untuk sistem reward ini, Feet’s telah berkolaborasi dengan beberapa merchant dari berbagai sektor, seperti F&Bs dan destinasi wisata.

Baca Juga: Sejumlah Aplikasi Bank Menarik Dukungan Dari Samsung, Gara-gara Sensor Sidik Jari

Dipakai 5000 Karyawan

Di Indonesia, Feet’s sudah berkolaborasi dengan tiga perusahaan, baik di sektor swasta maupun pemerintah, yaitu PGN, BNK dan Synergi dan beberapa perusahaan lain yang sedang berproses.

Pengguna aplikasi Feet's akan ditarik biaya Rp 18 ribu per orang per bulan.

Saat ini, total karyawan di perusahaan yang telah bekerjasama memakai Feet's mencapai kurnag dari 5000 orang.

Adapun targetnya, hingga akhir tahun ini Feet's bisa dipakai oleh semua katergori perusahaan.

Baca Juga: Akhirnya Google Melarang Aplikasi Pinjaman Online Masuk Play Store

Feet’s meyakini bahwa penghalang dalam hal pengelolaan keterlibatan karyawan dapat ditangani secara mudah dengan cara memberi keuntungan lebih bagi karyawan yang bekerja dari jarak jauh maupun kontrak melalui pengaturan yang lebih fleksibel.

Tujuannya agar setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan dan dihargai serta diakui kinerjanya.

Pada akhirnya, Feet’s berkomitmen untuk menciptakan tempat kerja yang lebih menyenangkan, sehat serta membangun hubungan yang lebih baik antara perusahaan dan karyawan di Indonesia.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya