Nextren.com - Hari ini (15/10), Indosat Ooredoo bekerja sama dengan Facebook meluncurkan “Internet 1O1”.
Ini adalah kampanye nasional untuk meningkatkan adopsi mobile internet di Indonesia dan membantu pengguna internet pemula di Indonesia agar bisa internetan secara optimal.
Caranya lewat berbagai pelatihan di cabang ritel Indosat Ooredoo dan toko-toko eksklusif, terutama di daerah pedesaan.
Kampanye ini adalah bagian dari program CSR Indosat Ooredoo pilar Edukasi, dengan misi mendukung pendidikan di Indonesia lewat pemanfaatan teknologi digital.
Baca Juga: Begini Tampilan Android 10 Beta untuk Samsung dengan OneUI
Internet punya kekuatan dalam menyalurkan suara publik dan membantu mereka menemukan dan membagikan pengetahuan, memperkuat ekonomi dan mengembangkan komunitas.
Akses internet bisa membantu masyarakat mendapatkan hasil yang maksimal dari sumber daya yang kuat lebih dari sekedar konektivitas fisik.
Menurut President Director & Chief Executive Officer Indosat Ooredoo, Ahmad Al Neama, kerjasama dengan Facebook ini di Indonesia diharapkan bisa meningkatkan kesadaran diantara pengguna internet pemula tentang peluang yang ditawarkan oleh internet.
Baca Juga: Menteri Perdagangan Ajak Ibu-ibu Belanja Produk Lokal di e-Commerce
Data dari GSMA Mobile Economy Report tahun 2019 menunjukkan, penetrasi mobile internetdiprediksi akan tumbuh hingga 69% pada tahun 2025.
Artinya ada 24 juta orang di Indonesia yang akan masuk ke ranah online.
Namun, masih ada kesenjangan digital antara penduduk di kota besar dan pedesaaan.
Sekitar 45% masyarakat tinggal di area pedesaan, yang mana angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara berkembang lain di Asia Pasifik.
Baca Juga: Google Temukan 15 Aplikasi Dengan Adware yang Sangat Mengganggu
Kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan dapat membuat biaya pembangunan infrastruktur menjaditinggi.
Riset GSMA juga menunjukkan bahwa 97% populasi di Indonesia yang tidak memiliki ponsel tinggal di area pedesaan.
Untuk mencegah kesenjangan digital dan pemanfaatan internet memang membutuhkan kolaborasi dengan beragam pemangku kepentingan.
Ternyata Facebook juga ingin dapat bekerja sama dengan mitra lokal guna mencapai inklusi internet.
Baca Juga: Akhirnya Google Melarang Aplikasi Pinjaman Online Masuk Play Store
Selain itu, menurut Francisco Varela, VP Global Mobile Partnership Facebook, mereka juga ingin menjaga agar komunitas dalam Facebook tetap aman dengan informasi memadai agar dapat terhubung serta berbagi di ranah online.
Kampanye Internet 1O1 ini akan menjangkau jutaan konsumen Indosat Ooredoo dalam setahun kedepan hingga 15 Oktober 2020 di seluruh Indonesia.
Konsumen akan dibantu untuk memberikan materi edukasi tentang internet, dengan bentuk konten berupa video singkat.
Konten tersebut dibuat dengan menggunakan kurikulum GSMA MISTT, yang disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.