Data Nielsen: GoFood Sukses Jadi Layanan Pesan Makanan Online Terpopuler

Rabu, 25 September 2019 | 14:40
GoJek

GoFood menjadi layanan pesan antar makanan online terfavorit di Indonesia

Laporan wartawan Nextren, Nicolaus Prama

Nextren.com – Di Indonesia, ada beberapa layanan pesan makanan online yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia.

Sebut saja GoFood, GrabFood, hingga layanan kebutuhan online lain seperti Sayur Box.

Namun, di antara beberapa layanan tersebut, siapa penguasanya?

Baca Juga: Peringati HUT RI, Ada Menu Serba 8 & 17 Ribu Serta Cashback 74 Persen di GoFood Festival

Nielsen, lembaga penelitian yang fokus pada pasar ekonomi dan digital Indonesia mengeluarkan hasil risetnya Kamis (19/9/2019) kemarin.

Dari hasil risetnya, Nielsen mengungkap GoFood dari GoJek menjelma menjadi layanan pesan makanan online terfavorit di Indonesia.

Nielsen Singapura mengungkap bahwa GoFood berhasil menguasai 75 persen pasar pesan antar makanan online di Indonesia.

Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo bahkan mengatakan saat ini GoFood sukses tak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara, seperti dikutip dari Kompas.

"Dalam enam bukan terakhir, tercatat jumlah transaksi GoFood meningkat dua kali lipat mencapai lebih dari 50 juta transaksi di seluruh Asia Tenggara setiap bulannya," pungkasnya.

GoFood sukses menaklukkan pasar, padahal dalam riset Nielsen diketahui bahwa sebanyak 84 persen masyarakat Indonesia menggunakan lebih dari 1 aplikasi pesan-antar makanan.

Menurut Nielsen, ada beberapa alasan kenapa masyarakat lebih memilih GoFood alih-alih aplikasi lain.

Pertama, reputasi layanan GoFood telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia, membuat GoFood menjadi pilihan pertama tatkala mencari makanan online.

Baca Juga: Tak Pakai Motor, Driver Go-Food di Bekasi Ini Naik Sepeda Antar Pesanan Pelanggan

Kedua, menu yang ditawarkan pada aplikasi lebih banyak dari rata-rata aplikasi.

Variasi ini menjadi nilai lebih GoFood dalam menggaet konsumen yang juga beragam.

Ketiga, masyarakat telah mengenal layanan GoFood lebih dahulu ketimbang aplikasi lain.

Namun, menjadi pelopor dan pertama belum tentu mampu menjadi pemimpin pasar.

Dibutuhkan konsistensi dan inovasi untuk tetap bisa bertahan di industri pesan antar makanan online.

Selamat, GoFood.

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto