Laporan Wartawan NexTren, Arif Budiansyah
NexTren.com -Telkomsel mengumumkan pendanaan baru untuk FinAccel (Kredivo) pada tanggal 3 Juli 2019, dalam jumlah yang tidak disebutkan melalui Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) bersama MDI Ventures.
CEO TMI, Andi Kristianto menegaskan investasi TMI untuk Kredivo terutama dilatarbelakangi oleh solusi pembayaran Kredivo yang lebih fleksibel yang berhasil menyelesaikan permasalahan yang dihadapi segmen profesional muda dalam mendapatkan kredit konvensional.
"Kerjasama Telkomsel dan Kredivo tidak hanya bertujuan untuk menyediakan solusi pembayaran yang lebih fleksibel dan terjangkau untuk segmen profesional muda, tapi sekaligus untuk memajukan ribuan pengusaha retail Indonesia dengan memberikan alternatif layanan finansial yang dapat menjangkau segmen pelanggan yang lebih luas,"ujar Andi.
Kredivo merupakan startup dengan produk inovatif berupa alternatif metode pembayaran digital yang baru, dengan berbagai pilihan metode dan jangka waktu pembayaran bagi pembeli.
Baca Juga: Tak Hanya Kredit, Kini Bisa Donasi Lewat Fitur Terbaru Kredivo
Selain membuat pembayaran dalam jumlah besar menjadi pembayaran berjangka yang lebih terjangkau.
Solusi dari Kredivo membuat proses pengajuan kredit menjadi lebih mudah dan instan, namun tetap aman.
Untuk mengakomodasi hal tersebut, Kredivo menggunakan data science dalam algoritma penilaian kredit (credit-scoring).
Serta, dikombinasikandengan sejumlah pengukuran data historis guna menentukan kelayakan kredit, sehingga dapat membuka akses untuk pemberian kredit bagi kelompok konsumen baru.
Baca Juga: Kredivo Bermitra dengan Moka, Kini Bisa Kredit di Toko Biasa Tanpa Kartu Kredit
Kredivo selama ini telah membantu transaksi pembayaran para pemain besar di e-commerce.
SepertiTokopedia, BukaLapak, Shopee, dan sistem kasir online Moka untuk terus berkembang serta menawarkan pilihan pembayaran online yang mudah dan fleksibel kepada pelanggan mereka.
Pertumbuhan pengguna internet dan smartphone untuk e-commerce telah berdampak signifikan bagi transaksi keuangan di Indonesia.
Sekarang lebih sedikit konsumen dan perusahaan yang membayar dan dibayar secara tunai, dan penggunaan kartu kredit tengah meningkat.
Baca Juga: Raih Penghargaan, Telkomsel Jadi Penyedia Layanan Digital Terbaik?
Dengan kurang dari 10% pengaju kredit yang berhasil memperoleh produk kredit secara tradisional.
Kredivo ingin memperluas akses ke permodalan, yang mereka yakini mampu membantu membangun perekonomian Asia Tenggara yang sudah bertumbuh. (*)