Huawei Akan Tetap Didukung OS Android, Begini Penjelasan Donald Trump

Senin, 01 Juli 2019 | 14:58
Tech Advisor

Ilustrasi Huawei

Laporan Wartawan NexTren, Arif Budiansyah

NexTren.com -Kabar baik datang untuk kalian para penggemar Huawei,karena OS Android akan tetap menjalin kerja sama dengan Huawei.

Hal ini dikonfirmasi lewat Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang.

Sebelumnya santer terdengar kabar, bahwa dampak perang dagang antara Amerika Serikat-China, membuat Huawei akan kehilangan dukungan dari Google.

Baca Juga: Akibat Perang Dagang, FedEx Tolak Kirim HP Huawei ke Amerika Serikat

Akhirnya sikap Presiden AS, Donald Trump dapat melunak dan telah bernegosiasi dengan Presiden China, Xi Jin Ping dikonferensi tersebut.

Salah satu hasil pertemuan itu adalah diperbolehkannya kembali perusahaan teknologi AS untuk memasok komponen ke Huawei."Atas permintaan dari perusahaan kelas atas kami (AS), dan Presiden Xi, saya setuju untuk mengizinkan perusahaan China, Huawei untuk membeli produk dari mereka, yang tidak memengaruhi keamanan nasional kami," kata Trump

Ini berarti,Google dan perusahaan lainnya bisa mulai berbisnis lagi dengan Huawei dan kemungkinan besar ponsel Huawei juga akan kembali didukung penuh oleh Android.

Baca Juga: AS Blacklist Huawei, Ternyata Ini Penyebab Utamanya Menurut Presiden Rusia

Sementara laptop merek Huawei dapat menjalankan sistem operasi Windows milik Microsoft.

Dikutip dari KompasTekno, walau sudah bertemu langsung dengan presiden China, Trump mengatakan masalah Huawei masih akan menunggu negosiasi dengan China berakhir.

Nasib Huawei dalam entity list atau daftar hitam, juga masih akan dirapatkan pekan depan."Kami bakal membahas Huawei di akhir. Kami akan melihat apa yang akan terjadi dengan perjanjian perdagangan yang disepakati," kata Trump.

Baca Juga: Hongmeng, Sistem Operasi Yang Disiapkan Huawei Untuk Gantikan AndroidDalam konferensi persnya, Trump juga tidak menjelaskan apakan pemblokiran untuk Huawei akan dicabut seluruhnya atau masih ada beberapa hal yang dibatasi.

Meski dapat disimpulkan kalau Huawei dan Android akan rujuk kembali, namun sistem operasi HongMeng buatan Huaweimasih tetap akan berjalan.

HongMeng sendiri adalah kode nama untuk sistem operasi yang mereka kembangkan untuk mengakali pemblokiran Android terhadap dirinya.

Kabar terbaru menunjukkan kalau sistem HongMeng ini sudah semakin dekat untuk diluncurkan.

Baca Juga: Daftar 10 Hape Huawei Yang Terima Update Android Q

Bahkan rumornya sistem operasi ini akan mulai diluncurkanpada kuartal ketiga tahun ini

Nantinya Hongmeng akan berganti nama menjadi "Oak OS" untuk versi rilisan globalnya.

Setidaknya atas pertemuan kedua presiden tersebut, membuat lega para pengguna Huawei saat ini. (*)

Editor : Kama

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya