5 Tips Memesan Grab Agar Terhindar Dari Dibatalkan dan Kena Denda

Selasa, 18 Juni 2019 | 15:50
Grab

Penumpang Grab

Nextren.com - Selama ini, pengemudi trasnportasi online sering mendapati pelanggan yang membatalkanb pesanan karena berbagai sebab.

Bisa hanya karena iseng, bisa karena tak sabar menunggu driver tak kunjung sampai, atau bahkan berubah rencana karena sudah ada teman yang menjemputnya.

Hal itu bisa merugikan driver transportasi online karena mereka sudah berusaha mendatangi pemesan, tapi dibatalkan.

Karena itu aplikasi transportasi online Grab mulai 17 Juni 2019 memberlakukan denda bagi pelanggan yang membatalkan perjalanan.

Baca Juga: Grab Pamerkan Fitur Baru Grab Business Untuk Menunjang Para Pebisnis

Sesuai informasi dari situs resmi Grab, Selasa (18/6/2019), denda akan dikenakan jika penumpang membatalkan pemesanan di atas 5 menit sejak mendapatkan mitra pengemudi.

Denda juga dikenakan jika penumpang membatalkan pemesanan ketika pengemudi sudah menunggu lebih dari 10 menit di lokasi penjemputan.

Denda pelanggan yang membatalkan orderan sebesar Rp.1.000 untuk GrabBike dan Rp.3000 untuk GrabCar.

Baca Juga: FastGo Pesaing GoJek Asal Vietnam, Ini Fitur-Fiturnya

Tujuan denda Grab tersebut adalah untuk mengurangi terjadinya pembatalan.

Maka bagi pelanggan disarankan memahami 5 tips memesan transportasi online untuk mengurangi terjadinya pembatalan (baik dibatalkan maupun membatalkan).

1. Siap dijemput

Pemesan harus sudah siap dijemput sebelum pesan.

Jadi bukan masih dandan, masih belanja, masih antre bayar, belum turun lift, belum selesai minum kopi atau makan, dan lain-lain.

Baca Juga: Terancam Bahaya Saat Naik GoCar atau GoJek? Kini Ada Tombol Darurat yang Dipantau 24 Jam Penuh

2. Alamat jemput dan tujuan

Pastikan sudah memasukkan alamat jemput dan tujuan dengan benar.

3. Titik jemput

Pesanlah saat sudah berada di titik jemput, jangan memesan sambil berjalan ke arah titik jemput apalagi jika jaraknya masih cukup jauh, meski ada waktu tunggu 10 menit.

Hal ini juga mengantisipasi jika kamu memesan di lokasi yang tidak memperbolehkan kendaraan berhenti lama.

Baca Juga: Paket Data XL Khusus Bagi Driver GoJek Diperluas ke Mitra Penyedia Jasa

4. Perjelas lewat chating

Tambahkan pesan di GrabChat lewat pesan singkat, suara atau gambar mengenai lokasi atau pakaian yang kamu pakai.

Hal ini untuk memudahkan pengemudi menemukan pelanggan.

5. Bahasa sopan

Gunakan bahasa Indonesia yang sopan untuk menghindari kesalahpahaman antara pengemudi dan penumpang. (*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto