Menurut Babe, Orang Indonesia Lebih Sadar dan Melek Politik Selama Pemilu 2019

Jumat, 10 Mei 2019 | 18:42
Babe

Periode cek data di babe

Nextren.com - Hajatan demokrasi pemilu 2019 belum lama usai dan tinggal menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU pada 22 Mei nanti.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Pemilu Indonesia, Indonesia mengadakan Pemilu serentak dengan skala yang besar untuk pertama di seluruh negara.

Sebagai catatan, jumlah partai politik yang berpartisipasi dalam pemilihan tahun ini meningkat secara signifikan, yang kadang memberikan kebingungan tersendiri untuk calon pemilih, untuk menentukan wakilnya.

Belum lagi “bom” informasi mengenai Pemilu kali ini mencapai titik didih yang luar biasa.

Baca Juga : Gawat! Hacker Dari Rusia Bisa Ubah Hasil Suara Pemilu di Florida

Informasi bohong bercampur dengan berita asli memberikan bias yang luar biasa untuk calon pemilih.

Tetapi patut dicermati, bombardir informasi yang terjadi di masyarakat, secara signifikan memberikan sumbangan yang cukup besar dibandingkan Pemilu 5 tahun lalu.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Wiranto mengatakan bahwa partisipasi dalam pemilihan 2019 telah mencapai 80,9%, melampaui target Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Persentasenya jauh lebih tinggi dari Pemilu 2014 (69,58%) dan Pemilu 2009 (71,17%).

Baca Juga : Aplikasi KPU Pemilu 2019 Kalahkan Whatsapp di Play Store, Jadi Aplikasi Gratis Terbaik

Orang-orang Indonesia dan juga media memainkan peran besar selama periode pemilu, terutama dalam menyediakan dan berbagi informasi yang menyebar cepat ke seluruh pelosok Indonesia.

Namun, terlepas dari niat mulia, miskomunikasi dan sumber yang disalahartikan cenderung menyebar seperti api.

Memperhatikan masalah yang muncul selama periode ini, Babe sebagai salah satu sumber informasi sempat berpartisipasi dalam memfasilitasi penyebaran informasi di seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui sebuah kabar benar atau tidak, BaBe malah membuat kanal khusus bernama "BaBe Ungkap Fakta".

Baca Juga : Seluruh Dunia Rayakan #Pemilu2019, Tak Hanya Warga Indonesia

Tujuannya untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya orang Indonesia.

Caranya adalah bermitra dengan otoritas pemeriksa fakta yang terkemuka.

Selama periode pemilihan, BaBe melihat lebih dari 20 juta interaksi pengguna selama periode Maret-April, dengan banyak netizen berbondong-bondong melakukan interaksi terhadap konten terkait "Tata Cara Memilih".

Konten-konten tersebut juga dibagikan lebih dari 260.000 kali.

Baca Juga : Cara Cek Hasil Pemungutan Suara Pemilu 2019 Lewat Aplikasi Ini

Belum lagi pada hari pemungutan suara yang diadakan pada 17 April 2019, BaBe mencatat ada sekitar 7 juta interaksi terkait semua berita yang berhubungan dengan Tata Cara Memilih dan bagaimana berpartisipasi dalam Pemilu.

Kanal 'BaBe Ungkap Fakta' juga mencatat tonggak pentingnya selama periode Maret-April.

Di mana berita yang ada di kanal tersebut, dikonsumsi lebih dari 3 juta kali di berbagai kategori seperti: politik, berita internasional, berita nasional, dan kesehatan.

Di kategori tersebutlah terjadi peredaran berita bohong terbanyak dalam 1 bulan terakhir dan diulas faktanya oleh para mitra yang tergabung dalam BaBe Ungkap Fakta.

Pada kategori tersebut, sepanjang Maret 2019, BaBe mengidentifikasi dan berhasil menghapus banyak konten negatif dalam berita politik, berita internasional, kategori berita nasional.

Shelly Tantri, Kepala Pengembang Bisnis BaBe mengatakan, "Di BaBe kami berkomitmen untuk menyediakan berita yang andal dan akurat kepada orang Indonesia, terutama selama Pemilihan Umum di mana sejumlah besar informasi dibagikan dengan begitu cepat di seluruh negara."

"Melalui "BaBe Ungkap Fakta", kami berupaya menjadi saluran utama untuk semua konten Pemilu, termasuk memberikan informasi tambahan seperti jadwal lengkap Pemilu, profil, dan latar belakang calon presiden dan partai serta panduan pemilihan suara untuk yang baru, dan pemilih pertama kali."

"Melalui platform BaBe, kami melihat bahwa orang Indonesia membutuhkan informasi yang paling akurat dan telah diverifikasi ketika memutuskan di antara kandidat."

"Kami ingin memastikan bahwa kami menjadi platform tepercaya untuk pembaruan berita yang andal, sekaligus untuk wacana yang sehat tentang urusan nasional."

Dengan proses rekapitulasi yang masih berjalan, dan bombardir informasi yang terjadi dan sangat cair, masyarakat masih butuh sumber berita yang dapat diandakan dan dipercaya.

Dengan tujuan mulia ini BaBe berjanji untuk terus menjadi sumber informasi yang andal bagi bangsa. (*)

Editor : Wahyu Subyanto