Follow Us

Penipuan Bitcoin Di Twitter Serang Korban Barunya Lewat Akun Resmi Google

David Novan Buana - Rabu, 14 November 2018 | 20:45
Twitter
phonearena.com

Twitter

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Penipuan dengan mengatasnamakan tokoh penting rupanya juga terjadi di Twitter, dan tidak tanggung-tanggung penipunya minta Bitcoin!

Hebatnya lagi, nama besar yang menjadi korbannya adalah akun Twitter resmi G Suite, yang merupakan layanan berbayar dari Google.

Melalui akun bohong tersebut, penipunya menyerang semua akun yang mengikuti Twitter G Suite dan membawa mereka ke promosi palsu berkedok hadiah.

Baca Juga : Twitter Tambahkan Fitur Baru Untuk Melaporkan Cuitan Buatan Bot

Ternyata penipuan semacam ini telah menghantui Twitter selama beberapa minggu belakangan, dengan beberapa nama besar lainnya menjadi kedok.

Sebelumnya, korban besarnya adalah Elon Musk, CEO dari mobil elektrik Tesla dan industri antariksa SpaceX.

Penipu tersebut membuat akun yang resmi dan menghacknya untuk meletakkan foto Elon Musk yang juga tertera di akun pribadinya.

Setelah itu, namanya diganti supaya mirip, kemudian mereka akan meminta akun lain yang mengikutinya untuk memberikan Bitcoin sebagai modal, dan akan digandakan jumlahnya nanti.

Skema penipuan semacam ini mungkin pernah kamu temui juga, dan biasanya meminta uang karena beragam hal, seperti mendapatkan hadiah, orang yang kamu kenal masuk rumah sakit, dan beragam alasan lain.

Bedanya, skalanya jauh lebih besar karena uang yang diminta tidak dapat dilacak, yaitu cryptocurrency yang juga nilai tukarnya jauh lebih besar.

Twitter sendiri juga sedang kewalahan untuk menangani masalah ini, karena bisa beresiko hadirnya tuntutan hukum dari pihak yang ditipu dan juga nama yang digunakan sebagai penipuan.

Source : Slashdot

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest