Follow Us

Stop Operasikan Hape dengan Menunduk Secara Terus Menerus, Berbahaya!

None - Selasa, 13 November 2018 | 15:00
Tekanan yang ditanggung oleh leher dan tulang punggung sebagai hasil menunduk untuk melihat smartphone (Courtesy Dr. Ken Hansraj M.D.)
ist.

Tekanan yang ditanggung oleh leher dan tulang punggung sebagai hasil menunduk untuk melihat smartphone (Courtesy Dr. Ken Hansraj M.D.)

NexTren.com - Bayangkan rasanya menggantungkan empat bola boling seberat 4,5 kg di leher kamu.

Menurut penelitian terbaru, itulah sebenarnya yang kita lakukan ketika kita menunduk dan fokus pada smartphone. Dr Ken Hansraj MD, kepala bagian bedah tulang belakang di New York Spine Surgery and Rehabilitation Medicine, mengatakan, kita berada di titik awal gelombang masalah punggung dan leher yang disebabkan oleh postur yang buruk ketika menggunakan smartphone.Hansraj awalnya tertarik pada masalah ini setelah melihat semakin banyak orang muda yang berkonsultasi karena kesakitan.

Baca Juga : 10 Deretan Hape Android Terkencang, Tiga Teratas Didominasi Huawei!

Dalam salah satu kasus, seorang pemuda datang dengan sakit leher, punggung, dan kaki.

Bedah memperbaiki kakinya, tetapi Hansraj mengatakan, pemuda tersebut masih merasakan sakit di punggung dan lehernya.“Saat itu kami mengetahui bahwa ia menghabiskan waktu empat jam setiap harinya bermain game di iPad,” ujarnya.

“Coba lihat sekitar Anda. Semua orang menunduk.”

Baca Juga : Isu Rasis Jadi Trending Topic, Twitter Segera Umumkan Permintaan Maaf

Beberapa menggunakan istilah “text neck” untuk menggambarkan keadaan tersebut. Hansraj mengatakan, dalam posisi netral, kepala manusia beratnya sekitar 4,5-5 kg.

Kalau kita menundukkan kepala sebanyak 15 derajat, kita hampir menambah berat tersebut sebanyak tiga kali lipat, ujarnya.

Kalau sebanyak 30 derajat sekitar 18 kg, sebanyak 45 derajat hampir 23 kg, dan 60 derajat sebesar 27 kg.

Baca Juga : Pamer Tinja Di Depan Mahasiswa, Bill Gates Jelaskan Proyek TerbarunyaOrang dengan smartphone biasanya menghabiskan antara dua sampai empat jam sehari dengan posisi kepala yang menunduk ke perangkat mereka, menurut para ilmuwan.

Hal itu sama dengan antara 700 sampai 1.400 jam per tahun dengan tekanan tambahan pada tulang belakang.

Editor : Anggerhana Denni Rahmawati

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest