Follow Us

Grup Hacker Pembobol ATM Kelas Kakap Ternyata Didukung Korea Utara

David Novan Buana - Minggu, 11 November 2018 | 18:00
Grup hacker pembobol ATM kelas dunia dicurigai mendapat dukungan Korea Utara.
news.vice.com

Grup hacker pembobol ATM kelas dunia dicurigai mendapat dukungan Korea Utara.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Serangan hacker yang berhasil membobol ATM dan mencuri sampai puluhan juta dollar ternyata dicurigai berhubungan dengan Korea Utara.

Lazarus, grup hacker yang juga ada di balik serangan malware WannaCry sempat pula membuat resah dunia tersebut telah berhasil membobol ATM di Asia dan Afrika.

Menurut laporan dari firma keamanan cyber Symantec, kelompok hacker ini menggunakan program bernama trojan untuk menyusupi mesin ATM dan mengambil uang.

Baca Juga : Bitdefender, Antivirus Baru yang Hadir Untuk Amankan Semua Gadget

Program malware yang digunakan bernama Trojan.FastCash, dan program tersebut bekerja dengan cara menginfeksi ribuan server yang berkomunikasi dengan ATM.

Ketika kamu ingin mengambil uang dari ATM, server tersebut adalah kasir virtual yang akan mengesahkan permintaanmu untuk mengambil uang.

Malware yang digunakan Lazarus berhasil menipu kasir virtual tersebut untuk mengambil uang atas namamu, dan tim hacker tersebut bisa membuat uangmu keluar dari mesin ATM.

Artinya, pemilik akun bank akan dirugikan akibat transaksi ilegal tersebut, dan di saat bersamaan bank juga akan mendapatkan tuntutan hukum karena telah membiarkan uang milik nasabah dicuri.

Ternyata malware FastCash sendiri sudah lama beraksi, dan beberapa serangan yang memiliki profil tinggi antara lain pada 2017.

Pada tahun tersebut, hacker menggunakan FastCash untuk menarik uang dari ATM di 30 negara secara bersamaan.

Belum lama di tahun ini ada pula serangan yang juga mengambil uang dari ATM secara ilegal di 23 negara.

Source : The Verge

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest