Follow Us

Facebook Aktifkan Fitur Safety Check Saat Gempa Palu, Bisa Cek Kondisi Teman dan Keluarga

Wahyu Subyanto - Sabtu, 06 Oktober 2018 | 18:50
Fitur safety check facebook
FB

Fitur safety check facebook

Nextren.com - Facebook mengaktifkan fitur Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan, yang memang hanya diaktifkan saat darurat.Fitur Safety Check itu diaktifkan setelah bencana gempa bumi di Donggala, Palu, dan sekitarnya. Gempa bermagnitudo 7,4 SR itu terjadi pada Jumat (28/9/2018) petang pukul 18.05 WITA. Safety Check Facebook untuk gempa bumi di Donggala, Palu, dan sekitarnya itu mulai muncul di linimasa Facebook pada Sabtu (29/9/2018) pagi. Hingga saat itu, Facebook mengklaim sudah lebih dari 250 permintaan bantuan yang masuk melalui Community Help.

Baca Juga : Bosan pakai Whatsapp Biasa? Pakai WhatsApp Plus Bisa Gonta-Ganti Tema Loh!"Doa kami menyertai semua masyarakat di Palu dan Donggala yang terkena dampak dari bencana gempa dan tsunami ini," tulis pernyataan resmi Facebook kepada KompasTekno. Pemeriksaan Keselamatan merupakan cara yang sederhana dan mudah untuk menginformasikan bahwa pengguna Facebook berada dalam keadaan selama.Fitur ini juga bisa dipakai mengecek keadaan orang lain setelah suatu krisis atau bencana alam terjadi. Cara mengecek teman Pengguna Facebook pun bisa mengecek apakah teman atau keluarganya terdampak oleh bencana alam ini melalui tautan berikut.

Baca Juga : Cara Isi Ulang Lebih Cepat di Hape Yang Tak Dukung Fast Charging

Daftar teman yang berada di sekitar lokasi akan ditampilkan di tab All. Sementara daftar teman yang telah menandai dirinya aman, ditampilkan di tab Safe di sebelah atas. Informasi status teman juga akan ditampilkan, apakah sudah menandai dirinya aman atau belum. Jika telah menandai dirinya aman, teks hijau "Marked himself safe" akan ditampilkan di bawah nama.

Baca Juga : 5 Aksesoris Tambahan Murah Meriah Bagi Penyuka Main Game di Hape!Jika belum, teks hitam "Not marked safe yet" akan ditampilkan. Pengguna juga bisa mengetikkan nama akun yang ingin dicari di kolom pencarian, yang berada di pojok kanan atas.Jika nama teman di daftar belum menandai dirinya aman, belum tentu juga ia dalam kondisi bahaya. Karena untuk menggunakan fitur Safety Check Facebook, dibutuhkan koneksi internet.

Baca Juga : Wapres AS Minta Hentikan Proyek Google Dragonfly Karena Bisa Telusuri Identitas Penggunanya

Sementara kondisi di Palu dan Donggala dilaporkan listrik dan koneksi internet belum pulih sepenuhnya. Jangankan internet yang butuh kapasitas jaringan besar, untuk percakapan dan sms saja masih banyak gangguan."Kami harap masyarakat di sekitar area bencana dapat merasa terbantu dengan adanya fitur ini untuk memberitahukan kerabat dan keluarga mereka bahwa mereka berada dalam keadaan selamat," tulis Facebook. Pengguna Facebook juga dapat mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai Pemeriksaan Keselamatan (Safety Check) melalui tautan berikut ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Donggala dan Palu, Begini Cara Mengecek Kondisi Teman Lewat Facebook"

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest