Follow Us

Google Berintegrasi dengan YouTube Untuk Perlebar Jangkauan Iklannya

David Novan Buana - Selasa, 02 Oktober 2018 | 21:30
Google kini merangkul YouTube untuk memperluas jangkauan search enginenya demi mengantarkan iklan yang lebih tepat sasaran.
brightedge.com

Google kini merangkul YouTube untuk memperluas jangkauan search enginenya demi mengantarkan iklan yang lebih tepat sasaran.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Saat ini Google bukan satu-satunya search engine yang memiliki cakupan pengguna sangat besar, ternyata YouTube ada di urutan kedua.

Melihat tren tersebut, Google melebarkan jangkauan iklannya ke YouTube, dengan diintegrasikannya sistem pencarian kata di kedua site menjadi satu.

Dengan begitu, pengguna YouTube yang sedang menonton sesuatu akan langsung dijadikan target iklan yang sesuai dari Google.

Baca Juga : Apple Minta Google Bayar Miliaran Dolar Untuk Jadi Search Engine iOS

Tentu saja integrasi tersebut juga akan membuat pengguna salah satu layanan tersebut menjadi lebih mudah dipetakan perilakunya.

Misalnya ketika kamu mencari film di Google, kemudian menonton trailernya di YouTube, maka Google bisa langsung merumuskan kamu tertarik dengan film tersebut, atau yang sejenisnya.

Setelah itu, Google akan langsung memasukkan data tersebut ke dalam daftar profilmu di database Google, dan iklan yang akan muncul baik di Google maupun YouTube akan mengarah ke sana.

Bagi pemasang iklan, hal ini semakin memudahkan mereka untuk menargetkan pembeli potensialnya, terutama di internet yang luas.

Bagaimana bisa Google mengelompokkan data perilakumu? Jawabannya ada di akun Gmail milikmu.

Ketika kamu masuk ke dalam akun Gmail, maka otomatis akunmu akan login di browser Chrome.

Seperti yang mungkin kamu ketahui, Google adalah pemilik dari Gmail dan YouTube, jadi secara otomatis akun tersebut juga akan menjadi akun YouTube.

Source : The Verge

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest