Follow Us

Sudah Keluar Grup WhatsApp Tapi Dimasukkan Lagi? Kini Sulit Dilakukan Admin

Oik Yusuf - Jumat, 18 Mei 2018 | 21:44
WhatsApp grup
the bubble

WhatsApp grup

Nextren.com - Grup WhatsApp memang membuat komunikasi makin mudah dan cepat, baik antar pribadi maupun kelompok.Begitu mudahnya membuat grup WhatsApp, sehingga terasa berlebihan karena sedikit-sedikit dibuat grup.Ada grup WA untuk temen SD, SMP, SMA, kuliah, RT, arisan, keluarga, dan kantor, termasuk grup hobi.Masalahnya, seringkali kita dimasukkan begitu saja ke dalam sebuah grup WA, tanpa persetujuan.

(BACA : Inilah Negara Pertama yang Bakal Cicipi Youtube Music Streaming, Indonesia Kebagian? )Padahal isi pembicaraan di grup itu tak cocok buat kita, dan malah membuat hape lemot, memori cepat penuh, dan gangguan lain karena terlalu aktif.Grup WA yang tak cocok membuat kita ingin keluar, baik secara diam-diam ataupun pamit baik-baik.Masalahnya, setelah keluar grup WA, kita sering dimasukkan kembali ke dalam grup WhatsApp tanpa persetujuan kita. Hal itu bisa menyebalkan, apalagi jika grup yang bersangkutan berfungsi sebagai wadah spam atau hal-hal lain yang tidak disukai.

(BACA :Perbandingan Asus Zenfone Live L1 dan Meizu M6, Mana Juaranya? )

Nah, untuk mencegah hal tersebut, WhatsApp baru saja menambah fitur proteksi untuk mempersulit proses admin WhatsApp mengundang ulang anggota grup yang sudah keluar berkali-kali. Sebuah prompt baru kini muncul ketika admin WhatsApp berusaha mengundang (invite) member yang sudah lebih dari dua kali meninggalkan grup (left group).

Prompt baru yang dimunculkan WhatsApp agar anggota yang sudah berkali-kali meninggalkan grup tak bisa langsung diundang masuk kembali
kompas.com

Prompt baru yang dimunculkan WhatsApp agar anggota yang sudah berkali-kali meninggalkan grup tak bisa langsung diundang masuk kembali

“Anda tak bisa menambahkan (nama orang yang diundang) karena dia belakangan sudah meninggalkan grup. Coba lagi di kemudian waktu,” bunyi pesan tersebut. Tak dijelaskan berapa lama waktu yang diperlukan sebelum mantan anggota grup WhatsApp bisa diundang lagi. Selain mempersulit admin grup mengundang kembali member yang left, WhatsApp juga menambahkan sejumlah fitur baru untuk Groups. Pertama adalah Group Description berupa informasi tentang aktivitas grup yang akan ditampilkan di layar ponsel pengguna baru.

(BACA : Spesifikasi Asus ZenFone Live L1, Hape Murah Saingan Redmi 5A dan Meizu M6? )Anggota grup kini juga bisa melakukan pencarian nama anggota grup di laman Group Info. Lalu, ada juga tombol “@“ baru di pojok kanan bawah, yang bisa dipakai untuk langsung melihat pesan-pesan dengan mention nama pengguna di dalam obrolan grup. Kepada TechCrunch, seorang juru bicara WhatsApp mengatakan bahwa pihaknya menambah fitur-fitur baru untuk Groups berdasarkan permintaan dari pengguna. (*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Admin Grup WhatsApp Dipersulit Masukkan Nomor yang Sudah Keluar"

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest