Follow Us

Memotret Monas Saat Tutup Jelang Malam? Sulit Tapi Jangan Kehabisan Ide

Wahyu Subyanto - Kamis, 17 Mei 2018 | 11:18
Tugu Monas tetap gagah di balik pagar
way

Tugu Monas tetap gagah di balik pagar

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.com - Memotret dengan kamera smartphone kini makin mengasyikkan.Faktor pertama tentu saja kepraktisan, memotret lewat hape itu tinggal jeprat-jepret, karena hape selalu dalam kondisi hidup dan dibawa ke mana saja.Yang kedua, kemampuan kamera hape kini kini makin canggih.Selain resolusi makin tinggi, sensor makin tajam, bukaan lensa juga makin besar yang membuatnya lebih sensitif meski dipakai di kondisi kurang cahaya.

(BACA : YouTube Uji Coba Mode Penyamaran, Bisa Lihat Video tanpa Ketahuan )Kamera smartphone kini juga sudah banyak yang dibekali pengaturan Manual, sehingga kita bisa mengatur kecepatan (Shutter), ISO, EV, hingga focus, sesuai kebutuhan.Hal ini membuat foto-foto kreatif dan menarik elbih mudah dibuat, tak harus menjadi seorang fotografer tulen.Namun satu hal yang harus dimiliki seseorang saata memotret dengan kamera hape, adalah ide dan kreatifitas.Pemahaman terhadap batas kemampuan kamera hapenya juga perlu, agar bisa dimanfaatkan secara maksimal dalam berbagai kondisi.Bahkan, kamera saat ini sudah mulai dibekali Artificial Inteligence (AI), sebuah fitur pintar yang bisa mengenali suasana sebuah obyek lalu memilih pengaturan terbaik agar didapat hasil foto paling bagus.

(BACA : Ramai #sawityowit, Hiburan Seru di Bulan Puasa ala Pengguna Twitter )

Memotret dalam keterbatasan kondisiUntuk mencoba menaklukkan berbagai tantangan memotret malam tersebut, tim Nextren sengaja mendatangi kawasan Monas menjelang senja.Bahkan, saat didatangi tim Nextren, kawasan Monas juga sedang tutup karena hari Senin ditutup untuk pengunjung demi pemeliharaan dan kebersihan.

Apa yang bisa kita lakukan dalam kondisi seperti itu?

Lokasi yang dituju ternyata sedang tutup sehingga tak bisa diakses secara langsung, ditambah suasana menjelang senja menuju malam.

(BACA : Nggak Kayak Secreto Site, Buddy Meter Bisa Ukur Pertemananmu Loh )

Kondisi seperti ini tentu saja bakal ditemui seseorang saat ingin menuju tempat wisata di sebuah lokasi, karena keterbatasan waktu dan informasi.

Misalnya kamu sudah berencana ingin memotretdi Borobudur, namun ada kendala di perjalanan sehingga lokasi wisata sudah tutup dan hari sudah mulai gelap.

Maka kami ingin mengetahui apa yang bisa dilakukan saat ingin memotret dengan hape di kawasan wisata seperti itu, dengan segala keterbatasan yang ditemui.

Tim Nextren memakai OPPO F7 yang baru saja dirilis beberapa saat lalu, yang dilengkapi dengan teknologi Artificial Inteligence terbarunya.

Kamera depan OPPO F7 ini beresolusi 25 MP dengan sensor HDR Sony IMX 576 dan aperture f/2.0. Sementara kamera belakangnya 16 MP yang dilengkapi sensor HDR khusus secara hardware, dengan aperture f/1.8.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest