Follow Us

Gratiskan Nonton YouTube dan iFlix Setahun Penuh, Apa XL Tak Rugi?

Wahyu Subyanto - Sabtu, 07 April 2018 | 17:49
Evercoss Xtream 1 Plus
way

Evercoss Xtream 1 Plus

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id- Produsen smartphone merek lokal Evercoss, baru saja merilis dua smartphone 4G, bekerjasama dengan XL dan YouTube, di Mal Kota Kasablanka, Jakarta (6/4/2018).Lewat kerjasama itu, tentu saja mereka menggabungkan kekuatan mereka dalam memberikan produk dan layanan.Evercoss menyediakan produk smartphone Android yang terjangkau, XL menyediakan jaringan 4G, dan YouTube tentu punya banyak konten video.Evercoss merilis dua jenis Xtream 1, yakni Xtream 1 dan Xtream 1 Plus.

(BACA : Cara Hapus Akun Facebook Secara Permanen, Mudah dan Tak Bikin Repot )Harga Evercoss Xtream 1 adalah Rp 649 ribu dan Xtream 1 Plus Rp 939 ribu. Menurut Suryadi Willim, Head Marcomm Evercoss, masing-masing punya jeroan yang sama, yaitu prosesor Spreadtrum Quad Core 1,3 GHz, RAM 1 GB, dan memori internal 8 GB.Gratis YouTube 24 Jam SetahunSecara spek, dua smartphone baru ini tentu tak istimewa, meski di kelas harganya sudah cukup bersaing.Apalagi di Xtream Plus 1 sudah ada dual kamera 8MP+2MP dengan LED Flash.

(BACA : Google Chrome Bakal Sediakan Fitur Emoji pada Dekstop? Kayak Apa? )

Hal yang istimewa adalah layanan yang melekat dalam kedua jenis smartphone tersebut, yaitu :- Akses YouTube unlimited 24 jam penuh, selama 1 tahun- Kuota data 1GB per bulan selama 1 tahun, untuk semua kebutuhan internetan dan sosial media- Nonton film iFlix tanpa biaya berlangganan- Gratis telepon dan SMS ke sesama nomor XLSyaratnya bisa menikmati semua layanan itu hanya satu, yaitu nomor prabayar XL di dalam kedua Xtream itu harus aktif.Hal yang jadi pertanyaan, mengapa XL berani merilis produk tersebut dengan menggratiskan banyak akses internet?Tidakkah mereka menderita rugi?

(BACA : Preorder OPPO F7 Belum Dibuka, Konsumen Sudah Nitip Uang Muka )

kamera ganda Xtream 1 Plus
way

kamera ganda Xtream 1 Plus

Berawal dari penetrasi 4G yang rendahPihak XL Rupanya mereka sudah menghitung semuanya.Selama ini, XL sudah menggenjot pembangunan BTS hingga ke kota-kota kabupaten, bahkan lebih ke pinggir lagi.Namun faktanya, tingkat penggunaan internet 4G oleh pelanggan XL di daerah tak kunjung naik.Hal ini membuat jaringan 4G XL yang sudah dikembangkan dan diperluas, menjadi seakan-akan mubazir.

(BACA : Harganya Sama, Samsung Galaxy J7 Pro dan Vivo V9, Bagus Mana? )Pihak internal lalu mengadakan FGD (Focus Group Discussion) dengan berbagai kalangan, untuk mengetahui apa penyebabnya.Maka ditemukan penyebabnya, bahwa harga smartphone 4G masih belum terjangkau oleh masyarakat kebanyakan.

Evercoss Xtream 1, layar 4,5 inci
way

Evercoss Xtream 1, layar 4,5 inci

Mereka masih banyak yang memegang hape 3G bahkan Blackberry dalam aktifitas sehari-hari.Maka dicarilah mitra yang bisa menyediakan smartphone yang terjangkau, dan cukup memadai untuk mengakses video YouTube.YouTube sendiri dipilih sebagai konten yang digratiskan karena sangat populer di Indonesia.Youtube saat ini bukan hanya menjadi sarana hiburan, melainkan juga pendidikan untuk belajar banyak hal.

(BACA : 3 Cara Mudah Terhindar Dari Penyadapan WhatsApp oleh Pacar, Hati-Hati )

Layanan yang Bikin Rugi?Pihal internal XL sudah memiliki data yang lengkap dan detil, tentang kebiasaan orang Indonesia dalam mengakses internet, juga Youtube.Ternyata jika diambil rata-rata, sebagian besar hanya menonton selama 1 jam sehari.Memang ada juga yang menonton selama 10 jam sehari, tapi jumlahnya sangat sedikit dan dianggap tidak akan mengganggu jaringan yang ada.Karena itu, XL sudah berhitung bahwa produk dan layanan Youtube gratis ini tak bakal membuat rugi.Tapi malah bisa menjadi sarana promosi tentang lancarnya jaringan 4G mereka yang kini sudah makin meluas.

Pihak XL sendiri tentu mengklaim jaringannya akan mampu melayani serbuan penggemar video YouTube, namun kita lihat saja nanti apakah internetan XL jadi lemot atau tidak. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest