Follow Us

Apple Siapkan Teknologi Pengaman Mobil Pakai Biometrik Face ID

David Novan Buana - Selasa, 12 Februari 2019 | 21:09
Mengejar Hyundai yang gunakan sidik jari untuk membuka mobil, Apple patenkan teknologi Face ID untuk kunci mobil.
thedrive.com

Mengejar Hyundai yang gunakan sidik jari untuk membuka mobil, Apple patenkan teknologi Face ID untuk kunci mobil.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Saat ini keamanan kendaraan bermotor, terutama mobil, hanya bergantung pada kunci fisikal atau melalui alarm wireless.

Untuk menyambut masa depan yang serba digital, Apple ternyata siapkan teknologi berbasis biometrik untuk mengamankan mobil dari jarahan maling.

Melalui teknologi biometrik seperti Face ID yang saat ini masih menjadi yang teraman di iPhone, Apple tampaknya akan mengubah bagaimana pengendara menggunakan mobilnya.

Baca Juga : Apple Watch Menjadi Sarana Baru Siswa Untuk Mencontek Di Ujian

Langkah menuju keamanan berbasis biometrik sendiri sebenarnya bukan milik Apple saja, karena ada teknologi untuk mengunci mobil dengan smartphone dan juga sidik jari milik Hyundai.

Teknologi ini terkuak setelah paten terbaru Apple mengenai keamanan mobil melalui biometrik tersebut diumumkan beberapa hari lalu.

Paten yang didaftarkan pada Februari 2017 ini bernama Sistem dan Metode Untuk Otorisasi Kendaraan (System and Method for Vehicle Authorization).

Penjelasannya adalah mengenai teknologi otentikasi biometrik yang menggunakan Face ID untuk mengamankan mobil.

Teknologi ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan akun pengguna yang berbeda di satu mobil, misalnya untuk anggota keluarga.

Untuk setiap akun yang berbeda, mobil bisa secara otomatis menyesuaikan playlist musik yang disukai penggunanya, posisi duduk, dan juga suhu AC di dalamnya.

Semua itu akan langsung diatur secara otomatis ketika pengguna mendekati mobil, karena kamera di mobil akan mengenali muka melalui Face ID.

Baca Juga : Apple Mengambil Langkah Besar Untuk Kembangkan Kapabilitas AI Di Siri

Realisasinya sendiri masih belum dikemukakan oleh Apple, karena paten adalah bentuk perlindungan dari ide supaya tidak ada yang mengambilnya.

Namun bila teknologi ini benar-benar terlaksana, maka kenyamanan dan kemudahan pengguna mobil akan meningkat drastis.(*)

Source : Engadget

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest