Follow Us

Waspadalah, Ada Apps di iPhone Yang Diam-Diam Merekam Layar Tanpa Izin

David Novan Buana - Kamis, 07 Februari 2019 | 18:50
iPhone X dari Apple
CNET

iPhone X dari Apple

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Saat ini smartphone merupakan pusat kegiatan yang penting di dalam kehidupan manusia modern.

Mulai dari chatting, media sosial, membayar tagihan, sampai berbelanja kebutuhan setiap hari dilakukan di perangkat mobile yang bisa digenggam dengan mudah ini.

Namun laporan mengenai ancaman keamanan terbaru menunjukkan bahwa beberapa apps di iPhone merekam apa yang ada di layar tanpa izin.

Baca Juga : Kemdagri Siapkan Sistem Face Recognition untuk Keamanan dan Data Kependudukan

Apa artinya? Semua kegiatan yang kamu lakukan akan direkam ke dalam video atau screenshot, untuk kemudian dikirim ke server apps tersebut.

Menurut laporan yang didapatkan dari investigasi TechCrunch, ada apps di iPhone yang menggunakan jasa perusahaan analitis bernama Glassbox.

Perusahaan tersebut memberikan fitur yang merekam secara diam-diam kegiatan pengguna smartphone melalui proses merekam apa yang terjadi di layar pengguna.

Beberapa apps populer yang menggunakan jasa Glassbox antara lain adalah Hotels.com, Expedia, Abercrombie & Fitch, dan Air Canada.

Tidak hanya merekam kegiatan ketika pengguna menggunakan apps tertentu, ternyata ada pula screenshot yang memperlihatkan Glassbox mengambil gambar berisi nama akun dan password.

Pelanggaran privasi tersebut ditemukan oleh peneliti keamanan cyber bernama App Analyst, yaitu ada screenshot berbahaya yang diambil oleh apps Air Canada.

Pada gambar tersebut terlihat adanya password serta beragam informasi sensitif lainnya; padahal seharusnya informasi di sana diblok dengan tinta hitam supaya tidak terlihat.

Source : Gizmodo

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest