Follow Us

Alat Pacu Otak Untuk Bantu Penderita Parkinson Ini Bisa Dikontrol Secara Wireless

David Novan Buana - Kamis, 03 Januari 2019 | 20:43
Alat pacu otak ini mampu monitor, rekam, dan berikan kejutan listrik yang dibutuhkan otak pada penderita Parkinson dan epilepsi.
medicalxpress.com

Alat pacu otak ini mampu monitor, rekam, dan berikan kejutan listrik yang dibutuhkan otak pada penderita Parkinson dan epilepsi.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Kelainan pada otak merupakan kondisi yang sulit untuk disembuhkan, dan tentunya membuat penderitanya kesulitan untuk menjalankan aktivitas setiap harinya.

Demi mengatasi masalah neurologi yang menimpa penderita kelainan tersebut, seperti epilepsi dan Parkinson, insinyur dari University of California berhasil mengembangkan alat bantu untuk mendeteksi sinyal otak.

Selain itu, alat ini juga mampu memberikan stimulasi atau rangsangan listrik yang dibutuhkan di otak supaya penderitanya tidak mengalami kejang.

Baca Juga : IBM Kembangkan Sensor Kuku Yang Bisa Deteksi Masalah Kesehatan.

Alat yang diberi nama WAND, yang merupakan singkatan dari Wireless Artifact-free Neuromodulation Device berfungsi mirip seperti alat pacu jantung.

Bedanya, WAND akan memberikan rangsangan neurologis yang dibutuhkan otak dengan cara memberikan kejutan listrik ketika otak membutuhkannya.

Kejutan listrik tersebut tentu saja tidak sembarangan, karena jumlahnya harus sesuai dan harus akurat supaya tidak malah membuat penderitanya menderita.

Itu sebabnya WAND perlu mendapatkan perhatian dari dokter, yang nantinya akan mengatur secara detail kuantitas dari listrik yang dibutuhkan.

Proses untuk mendapatkan fine tune tersebut juga tidak cepat, bahkan dikatakan dapat membutuhkan waktu beberapa tahun.

Namun hebatnya dari alat ini adalah ia mampu mengingat dan memonitor secara bersamaan, frekuensi yang dibutuhkan untuk meredakan atau bahkan mencegah terjadinya kejang.

Kemudian alat ini juga tidak hanya mengingat, melainkan juga mengatur parameter kejutan yang dibutuhkan secara langsung atau real time.

Source : Slashdot

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest