Follow Us

Video Game 3D Murni Buatan GPU AI NVIDIA Sukses Dimainkan

David Novan Buana - Rabu, 05 Desember 2018 | 21:25
NVIDIA perlihatkan demo video game yang grafisnya dibuat oleh AI (kiri adalah video sumber, dan kanan adalah hasil grafis buatan AI).
The Verge

NVIDIA perlihatkan demo video game yang grafisnya dibuat oleh AI (kiri adalah video sumber, dan kanan adalah hasil grafis buatan AI).

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Terobosan terbaru NVIDIA dalam teknologi AI adalah dengan diperkenalkannya graphics card terbarunya, Titan RTX, yang luar biasa kuat.

Tidak hanya untuk bermain game saja, NVIDIA juga memperlihatkan bahwa GPU tersebut justru lebih kuat untuk proses data dengan menggunakan AI.

Pernyataan tersebut diperlihatkan langsung oleh perusahaan raksasa pembuat kartu grafis tersebut dengan demo video game, yang keseluruhan grafis 3Dnya dibangun dari nol oleh AI.

Baca Juga : Bocoran Canggihnya Qualcomm Snapdragon 855, Sarat AI dan Dukung 5G

Hal ini tentu saja sangat mengejutkan, karena artinya GPU buatan NVIDIA tersebut cukup kuat untuk mentenagai deep learning dan machine learning dari AI untuk proses yang rumit.

Karena, AI tersebut harus mampu mengenali semua obyek yang ada di dalam video berbentuk 2D, dan menerjemahkannya ke dalam obyek 3D.

Melalui semua data mengenai obyek di dunia nyata yang telah dipelajari oleh AI yang ditenagai oleh Titan RTX, dunia virtual berbasis 3D tersebut bisa terwujud.

Menariknya lagi, setelah AI selesai membuat semua itu, kamu bisa berinteraksi di dalamnya dalam bentuk game balapan.

Tentu saja grafis tersebut hanya sebatas kulit saja, karena kamu masih tidak dapat keluar dari mobil atau berinteraksi dengan lingkungan game.

Menurut Bryan Catanzaro selaku Vice President of Applied Deep Learning dari NVIDIA, seperti yang dikatakannya kepada The Verge, demo tersebut adalah cara baru untuk merender konten video dengan menggunakan deep learning.

Teknologi ini masih berada di tahap awal pengembangannya, jadi masih begitu banyak yang perlu diperbaiki dan dikembangkan lebih jauh oleh NVIDIA.

Source : Theverge.com

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest