Follow Us

Canggihnya Hotel Tanpa Pelayan di China, Semuanya Cukup Pakai Smartphone

None - Jumat, 23 November 2018 | 14:45
Ilustrasi smart hotel (shutterstock)
kompas.com

Ilustrasi smart hotel (shutterstock)

Nextren.com - China menjadi negara dengan populasi internet terbesar di dunia dengan lebih dari 746 juta pengguna. Hampir setiap sektor di sana telah memanfaatkan teknologi dan sistem cashless (non-tunai), untuk kegiatan jual-beli, transportasi, dan sebagainya. Kini, sektor perhotelan juga bergerak menuju smart hotel. Platform aplikasi terbesar China, WeChat baru-baru ini bekerja sama dengan InterContinental, perusahaan perhotelan kenamaan untuk mewujudkan smart hotel di Shanghai. Smart hotel ini memungkinkan pengguna melakukan pemesanan, check-in jarak jauh, serta membuka pintu kamar hotel hanya dengan smartphone, tanpa memerlukan jasa manusia.

Baca Juga : Cara Tukar Tambah Samsung Galaxy A9 dan A7 dengan 5 Hape LamaSetelah pelanggan menyelesaikan proses pemesanan, mereka akan diminta untuk verifikasi identitas di hotel tersebut menggunakan facial recognition (pengenal wajah). Kemudian mereka bisa mendapatkan kunci kamar digital. Meskipun kamar berada di lantai yang tinggi, misalnya 26 meter, koneksi internet diklaim tetap stabil dan cepat, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Kamis (22/11/2018). Sejatinya, proyek smart hotel sudah dimiliki WeChat dan induk perusahaannya, Tencent sejak 2014 lalu.

Baca Juga : Google Hapus 13 Aplikasi dari Play Store karena Dianggap Berbahaya

Namun fitur facial recognition untuk memindai identitas pelanggan menambah fasilitas smart hotel ini. Hotel tradisional di China, biasanya akan meminta calon pelanggan untuk memfoto wajahnya dan menyerahkan kartu identitas legal, untuk dipindai dan disalin sebelum memberikan kunci kamar. Untuk diketahui, akses internet di sebagian besar hotel di China juga dibatasi oleh regulasi firewall oleh pemerintah China yang memblokir akses asing. Beberapa hotel asing, khususnya hotel bernuansa barat, juga disetop akses VPN secara gratis.

Baca Juga : Google Hapus 13 Aplikasi dari Play Store karena Dianggap Berbahaya

Kontrol kamar hotel lewat smartphone

Kontrol kamar hotel lewat smartphone

Kembali ke smart hotel, dengan aplikasi WeChat, para pelancong bisa memesan kamar hotel, melakukan transaksi pembayaran, mengoperasikan fasilitas kamar seperti AC, menutup dan membuka gorden atau menyalakan dan mematikan lampu. WeChat sendiri memang menjadi aplikasi pokok masyarakat China. Sementara sarapan, akan tercakup di data pelanggan di dalam aplikasi WeChat. Cara memesannya, cukup pindai wajah di area makan untuk mengambil santapan.

Baca Juga : 4 Masalah yang Harus Dihadapi Jika Beli Xiaomi Garansi Distributor

Jika pelanggan memesan kamar executive suite, pelanggan akan ditemani satu pelayan yang bekerja selama 24 jam dan bisa dipanggil menggunakan WeChat. Proses check out juga bisa dilakukan melalui WeChat. WeChat telah menjadi aplikasi utama masyarakat China di berbagai sektor, termasuk restoran dan mall. Smart hotel yang dibangun dengan kolaborasi WeChat dengan beberapa raksasa teknologi China seperti Baidu dan Alibaba akan meningkat ke depannya.

Baca Juga : Ujicoba 5G Indosat dan Ericsson, Tunjukkan Kecepatan Internet 10 Gbps dan 3D Augmented RealitySelain WeChat yang populer, Baidu memiliki smart speaker dan Alibaba memiliki robot yang canggih serta teknologi facial recognition. Minggu lalu, induk WeChat, Tencent juga dikabarkan tengah mendekati merek hotel terkenal lain, Shangri-La untuk membangun smart hotel.

(Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Perlu Pelayan Manusia, Menginap di Hotel Ini Cuma Butuh Smartphone"

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest