Follow Us

Anak-Anak Bisa Belajar Coding Sambil Main Minecraft

Fatimah Kartini Bohang - Rabu, 18 November 2015 | 08:01
Ilustrasi coding

Ilustrasi coding

Microsoft ingin mengajarkan "coding" kepada anak-anak di seluruh dunia dengan cara menyenangkan. Strateginya meminjam konsep permainan Minecraft.

Diharapkan, strategi itu bisa menumbuhkan minat anak terhadap coding, sekaligus mempermudah anak memahami prinsip-prinsip dasar pemrograman.

Lalu, bagaimana mekanisme pembelajarannya?

Dilansir Nextren, Selasa (17/11/2015) dari GeekWire, peserta didik akan diajak bermain sambil belajar melalui 14 level game tutorial "coding" gratis ala Minecraft.

Bedanya dengan permainan Minecraft biasa, anak-anak harus menggunakan prinsip ilmu komputer dasar dalam bermain. Misalnya saat mengklik dan memindahkan blok, anak-anak diarahkan sekaligus membentuk deretan perintah-perintah pemrograman. Saat susunan blok tersebut dijalankan, karakter akan bertindak sesuai perintah yang diprogram.

Tutorial gratis tersebut merupakan hasil kerja sama antara Microsoft dan Code.org. Tutorial bisa dijajal selama acara tahunan "Hour of Code" berlangsung pada Desember mendatang.

Tepatnya selama sepekan, 7-13 Desember 2015, anak-anak di seluruh dunia dapat membuka tautan ini untuk bermain sambil belajar coding.

"Tujuan program ini untuk memberitahu bahwa ada sesuatu yang penting dan bisa dipelajari dengan sangat mudah. Sejujurnya, sekaligus untuk membuat anak-anak ketagihan belajar coding," kata pendiri Code.org Hadi Partovi.

Diketahui, wacana pendidikan coding sejak dini kian marak diperbincangkan. Di Indonesia, pemerintah menargetkan pelajaran coding masuk kurikulum pendidikan tingkat SMK, 2016 mendatang.

Source : GeekWire

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

Latest