Follow Us

Anti Mati Gaya Meski Kena Macet Mudik, Dari Dengar Musik Hingga Karaoke

Wahyu Subyanto - Sabtu, 09 Juni 2018 | 17:45
Kemacetan saat mudik
kompas.com

Kemacetan saat mudik

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.com - Fenomena mudik yang melelahkan sekaligus bikin bahagia, saat ini sedang berlangsung.Melelahkan karena sudah pasti banyak kemacetan dan rintangan yang ditemui selama perjalanan, di tengah puluhan juta orang yang berada di jalan secara bersamaan.Namun mudik juga membawa kebahagiaan, karena bakal ketemu keluarga tercinta, juga para sahabat lama.Karena kemacetan sudah pasti bakal ditemui oleh pengguna kendaraan pribadi, maka yang harus dilakukan adalah menyiasatinya.

(BACA : Perhatikan Durasi Pemakaian Headset, Biar Tetap Eksis Tanpa Khawatir Telinga Rusak )Sebagai pengguna smartphone, ternyata banyak hal yang bisa dilakukan untuk membunuh kebosanan saat kena macet dalam perjalanan panjang.1. Mendengarkan MusikIni sudah biasa dilakukan oleh pengguna smartphone.Kelemahannya, sebelum berangkat kita harus menyiapkan lebih dulu koleksi lagu sesuai kesukaan.Bisa juga sih mencari lagu saat dalam perjalanan, tapi dibutuhkan koneksi internet yang kencang, lalu download lagu sesuai keinginan.Coba cari di google dengan keyword: " *.mp3 download"

(BACA : Klix TV, Aplikasi Streaming Piala Dunia yang Janjikan Siaran Berkualitas HD )

2. Radio FMSaat ini, semua smartphone dibekali oleh radio FM.Karena kendaraan terus berjalan, maka stasiun radio juga bakal berganti-ganti.Kamu bisa Googling dulu nama stasiun radio di kota yang sedang dilintasi, karena seringkali kita tak tahu ada stasiun radio apa saja di Pekalalongan misalnya.3. Music StreamingIni cara yang mudah dan praktis, karena saat ini ada banyak aplikasi streaming musik dengan koleksi lagu yang lengkap.Kamu tinggal cari sesuai nama artis, judul lagu, atau genre tertentu, misalnya jazz/pop/rock.Aplikasi streaming musik yang populer misalnya Spotify, Joox, SoundCloud atau Langit Musik.

Spotify for Android
thenerdmag

Spotify for Android

4. Cari judul lagu atau penyanyinyaSuka sebuah lagu tapi tak tahu judul atau penyanyinya?Aplikasi Shazam bisa dipakai untuk mencari judul lagu hanya dengan memutar sebuah lagu tersebut.Jadi kamu bisa bermain tebak lagu dengan teman seperjalanan.Pasti seru deh, apalagi kalau kamu perdengarkan lagu-lagu yang sulit.

(BACA : 3 Fitur Terbaik dari BlackBerry KEY2, Hape Terbaru Seharga Rp 9 Jutaan )

5. KaraokeKalau kamu ingin ikut menyanyi bareng lagu yang diputar, kamu bisa pakai aplikasi Musixmatch karena bisa menampilkan lirik saat lagu diputar.Aplikasi Musixmatch ini terintegrasi dengan Spotify, SoundCloud, YouTube , Pandora dan lainnya.

musixmatch
rexdl

musixmatch

6. YouTubeKalau yang satu ini sudah pasti semuanya tahu.Konten yang sangat beragam di YouTube membuat kamu tak bakal bosan.Tak hanya lagu, klip video, kisah lucu, banyak pula pengajian segar yang bisa dinikmati untuk mengisi waktu dengan kegiatan positif.Yang jelas, kamu perlu kuota data yang besar untuk menikmati YouTube dalam waktu lama.Oya, kamu bisa menghemat kuota dengan memakai aplikasi YouTube Go, yang bisa menampilkan video YouTube versi hemat data.

(BACA : 3 Pilihan Hape 4G Baru Rp 2 Jutaan Berbagai Merk, Keren Loh )

7. Video streamingSaat ini banyak penyedia film-film streaming, berupa film bioskop yang sudah lama beredar di bioskop.

Googling saja dengan keyword: "bioskop online streaming" maka akan muncul banyak penyedia film streamign baik film Indonesia maupun Hollywood.Sayangnya, kamu perlu internet yang cepat untuk bisa menikmatinya, minimal 4G karena kekuatan servernya yang tak sekencang YouTube.

bioskop streaming online
omimovie

bioskop streaming online

8. Foto-fotoSelama perjalanan, tentu ada banyak hal menarik yang bisa kamu abadikan dalam sebuah foto atau video.Pekalah dengan suasana sekitar, seperti mereka yang bersuasah payah mudik di bak terbuka, mudik naik bajaj atau motor roda tiga, keluarga yang berhimpitan di motor, dan seterusnya.Kamu juga bisa memotret pemandangan khas daerah sekitar, seperti pemandangan alam yang indah, aktifitas warga, hingga kuliner khas seperti Mie Nyemek, Sambel Welut, dan lainnya.Yang jelas kamu perlu smartphone berkamera bagus dan cerdas untuk mendapatkan foto atau video yang bagus.

(BACA : Tukar Hape Lama dengan Advan G2 Cukup Bayar Sejutaan, Begini Caranya )Jadi tak perlu lagi repot mengatur atau setting yang perlu waktu, padahal hasilnya belum tentu bagus.Mungkin kamu bisa pertimbangkan kamera smartphone yang punya teknologi AI (Artificial Intelegence) alias kecerdasan buatan, misalnya OPPO F7.Sebagai contoh, OPPO F7 tersebut sudah diberi informasi dari jutaan foto selfie yang bagus, serta data-data setting kamera dari fotografer profesional.Smartphone dengan kamera AI ini berupa fitur pintar yang bisa mengenali suasana sebuah obyek lalu memilih pengaturan terbaik agar didapat hasil foto paling bagus. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest