Follow Us

Bertanya Segala Hal di Quora, Kini Bisa Dalam Bahasa Indonesia

Wahyu Subyanto - Kamis, 31 Mei 2018 | 15:36
Aplikasi Quora
way

Aplikasi Quora

Nextren.com - Platform tanya jawab Quora secara resmi meluncurkan layanannya dalam bahasa Indonesia, di Jakarta (30/5/2018). Quora bahasa Indonesia ini menjadi versi pertama Quora di Asia Tenggara. Kehadiran Quora dalam bahasa Indonesia membuat masyarakat Indonesia serta siapa pun yang dapat berbahasa Indonesia dapat memahami dunia lebih baik dengan cara bertanya, berbagi pengetahuan, serta belajar dari orang lain. Adanya Quora berbahasa Indonesia menjadi sangat menarik terutama jika kita melihat banyak pengetahuan di dunia yang tidak dapat diakses dalam jaringan internet oleh publik.

(BACA : iPhone X Bakal Punya Varian Ungu dan Hijau? Makin Milenials Deh )Oleh karena itu, Quora mengembangkan platform yang memungkinkan orang-orang, termasuk yang tinggal di Indonesia, untuk dapat membagikan pengetahuan yang mereka ketahui tentang beragam topik yang tidak terbatas.“Kami sangat senang melihat antusiasme masyarakat dari berbagai negara di luar Amerika Serikat, termasuk yang berasal dari Indonesia, untuk mendaftar dan turut berkontribusi dalam mengembangkan pengetahuan dalam bahasa Inggris.""Kami berharap dengan kehadiran Quora dalam bahasa Indonesia akan membantu meningkatkan partisipasi masyarakat Indonesia atau siapa pun yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa komunikasi dan pendukung aktivitas keseharian mereka, untuk berbagi pengetahuan,” ujar Adam D’Angelo, CEO dan pendiri Quora, kepada Nextren.Bulan April lalu, Quora telah meluncurkan versi beta di Indonesia dengan lingkup pengguna terbatas.

(BACA : Bocoran Spek Vivo NEX Muncul di Geekbench Bersama Seri NEX S )

Hanya dalam waktu yang tidak lama, platform ini telah tumbuh dengan konten berkualitas yang disediakan oleh individu dari berbagai bidang, seperti dosen, peneliti, pengembang perangkat lunak, CEO, fotografer, dan editor.Selama kurun waktu tersebut, Quora sudah melihat jawaban-jawaban yang penuh wawasan tentang berbagai subjek, seperti apa riset-riset antropologi menarik tentang budaya Indonesia, bagaimana cara meningkatkan produktivitas sebagai perekayasa perangkat lunak (software engineer), mengapa mata uang dolar Amerika Serikat menjadi alat tukar internasional, dan banyak lagi. Diluncurkan dalam bahasa Inggris pada tahun 2010, platform tanya jawab Quora kian tumbuh dan kini telah mencapai lebih dari 200 juta pengunjung unik per bulan dari berbagai negara di seluruh dunia. Yang menarik, lebih dari setengah jumlah pengunjung tersebut berasal dari luar Amerika Serikat, termasuk dari Indonesia.

(BACA : Semua Hape Nokia Akan Kebagian Android P, Merek Lain Ketinggalan? )

tanya jawab di Quora
Quora

tanya jawab di Quora

Sejak Quora diluncurkan, platform ini telah menarik keterlibatan tokoh dan ahli terkemuka di berbagai bidang untuk ikut menjawab beragam topik pertanyaan yang diajukan oleh pengguna dan membagikan pengetahuan tentang sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui banyak orang. Tokoh terkemuka seperti Barack Obama, Hillary Clinton, COO Facebook Sheryl Sandberg, dan pendiri Wikipedia Jimmy Wales adalah beberapa di antaranya.CEO Quora Adam D'Angelo adalah Chief Technology Officer Facebook pertama, sebelum ia memutuskan meninggalkan perusahaan tersebut untuk mendirikan Quora pada tahun 2009 dan membangun visinya.Visi Adam D'Angelo adalah agar orang-orang dapat membagikan pengetahuan dalam jaringan internet dan terhubung dengan orang-orang yang membutuhkannya.

(BACA : Cara Kirim Voice Note WhatsApp Tanpa Tahan Layar, Cobain Deh! )

Cara Kerja QuoraDi Quora, orang dapat menanyakan tentang topik apa saja. Quora kemudian mendistribusikan pertanyaan tersebut kepada orang yang dapat memberikan jawaban yang berguna dan berkualitas tinggi, berdasarkan keahlian dan pengalaman yang relevan. Makin sering seseorang menggunakan Quora dengan menulis jawaban, mengikuti topik, dan menjadi pengikut pengguna lain, makin besar kemampuan Quora memersonalisasi pengalaman mereka di platform ini.Quora mampu menyediakan jawaban-jawaban bagus atas pertanyaan-pertanyaan, berkat kualitas penulis di platform ini, juga masukan yang didapatkan penulis dari orang lain dalam komunitas, serta fitur produk yang memastikan kredibilitas.

(BACA : Belajar Otodidak, Remaja Ini Temukan Kebocoran Google dan Diganjar Rp 500 Juta )Selain itu, ada kebijakan untuk menggunakan nama asli di Quora untuk meningkatkan level integritas dan kepercayaan terhadap jawaban. Identitas di Quora merupakan perpanjangan dari siapa orang-orang tersebut di dunia nyata.Quora juga memiliki kebijakan “Bersikaplah Sopan, Bersikaplah Penuh Hormat” yang mengharuskan penggunanya menghormati kaidah kesopanan ketika menggunakan Quora. Quora menggunakan teknologi, seperti pembelajaran mesin, pemrosesan bahasa secara natural, dan teknologi untuk pencocokan pola, untuk mendeteksi dan menghilangkan hal-hal yang dapat membuat pengalaman tidak menyenangkan, seperti spam, plagiarisme, dan kiriman provokatif. Pengguna dapat mendaftar di https://id.quora.com atau mengunduh aplikasi seluler Quora. (*)

Aplikasi Quora
way

Aplikasi Quora

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest