Follow Us

Video "Virtual Reality" Sudah Bisa Ditonton di Facebook

Fatimah Kartini Bohang - Senin, 28 September 2015 | 16:04
Facebook kini bisa akomodir video 360
Facebook

Facebook kini bisa akomodir video 360

Facebook kini mendukung video 360 derajat alias "Virtual Reality". Pengguna bisa melihat suatu objek dari berbagai sudut pandang melalui layar ponsel atau laptop.

Video 360 pertama yang dipublikasikan adalah potongan scene film yang sudah ditunggu-tunggu dan akan segera rilis, "Star Wars: The Force Awakens". Pada video berdurasi 56 detik itu, tampak sebuah kendaraan sedang melaju di atas gurun di Planet Jakku.

Lewat smartphone, pengguna bisa menggulir layar ke berbagai arah untuk menyaksikan video cuplikan "Star Wars" teranyar dari beragam sudut, layaknya di dunia nyata. Sementara lewat laptop, pengguna bisa menggulir dengan kursor.

Kemampuan baru Facebook ini diluncurkan guna mendukung produk Oculus VR, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun Nextren, Senin (28/9/2015). Startup pembuat kacamata realitas virtual tersebut diakuisisi Facebook tahun lalu.

Menurut Director of Engineering Facebook untuk proyek video, Maher Saba, format video 360 akan merevolusi pengalaman seseorang membuat dan menyaksikan video. Penyajian konten visual, kata dia, akan lebih jauh terjun ke era realitas virtual.

"Di masa depan, bayangkan menonton video perjalanan teman dalam format 360. Kalian bisa melihat sekeliling dengan lebih jelas dan merasa ada di sana," ia menjelaskan.

Saat ini kemampuan video 360 Facebook baru bisa dinikmati lewat laptop atau ponsel Android. Para pengguna iOS harus menunggu beberapa bulan ke depan untuk mendapatkan pengalaman visual yang tengah populer ini.

Source : CNET

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

Latest