Follow Us

Robot Industri yang Bisa Berkolaborasi dengan Manusia Diluncurkan di Indonesia

Reska K. Nistanto - Minggu, 16 Agustus 2015 | 10:06
Lilik Suharmawan, Robotics LBU Manager ABB Indonesia (Kiri); Steven Lim, Local Division Manager of Discrete Automation and Motion ABB Indonesia (Kanan).
ABB

Lilik Suharmawan, Robotics LBU Manager ABB Indonesia (Kiri); Steven Lim, Local Division Manager of Discrete Automation and Motion ABB Indonesia (Kanan).

KOMPAS.com - ABB Sakti Industri (ABB), grup perusahaan di bidang energi dan teknologi otomatisasi, memperkenalkan robot YuMi ke pasar Indonesia. Robot YuMi diklaim sebagai robot industri pertama di dunia yang mampu berkolaborasi dengan manusia sebagai mitra kerja. “Sebuah era baru dimana manusia dapat memiliki mitra kerja sebuah robot,” ujar Richard Ledgard, Country Managing Director ABB di Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (13/8/2015).“YuMi memungkinkan kolaborasi antara manusia dan robot menjadi kenyataan, kehadirannya merupakan hasil dari komitmen kami dalam riset dan pengembangan teknologi, kami yakin hal ini akan mampu mengubah cara manusia dan robot berinteraksi," imbuh Ledgard.Robot industri dengan kendali mikroprosesor pertama di dunia dan juga robot industri elektrik pertama kali diperkenalkan ABB pada tahun 1974. YuMi dirancang secara spesial guna memenuhi kebutuhan produksi yang fleksibel dan cepat, terutama pada industri elektronik. Selain itu, YuMi mampu mendukung segala macam aplikasi merata di lingkungan manufaktur komponen kecil berkat beragam inovasi teknologi yang diusungnya.Beberapa di antaranya adalah dua lengan robot yang fleksibel, sistem pengasupan komponen universal, komponen berbasis kamera, lead-through programming, serta teknologi mutakhir sistem kontrol gerakan berpresisi tinggi. Kolaborasi YuMi dengan manusia terwujud berkat desainnya yang dirancang secara inheren guna memastikan keamanan selalu terjaga, baik bagi manusia sebagai mitra kerjanya maupun lingkungan di sekitarnya. Robot dengan rangka berbahan magnesium ini dibungkus pelindung plastik pengambang dengan bantalan empuk untuk meredam benturan. Ukuran YuMi yang ringkas dengan dimensi seukuran tubuh manusia dan dengan gerakan yang menyerupai manusia, membuat mitra manusia merasa aman dan nyaman saat berkolaborasi dengan robot tersebut.

Editor : Reza Wahyudi

Latest