Follow Us

Aturan Baru Facebook Marketplace Buat Pengguna Sulit Cari Mobil Bekas

Khoiruddin Yusup - Senin, 03 Oktober 2022 | 12:10
List penjualan mobil pada fitur Marketplace Facebook.
Digital Air Stike

List penjualan mobil pada fitur Marketplace Facebook.

Nextren.com - Meta mengeluarkan peraturan baru yang membatasi dealer untuk mempromosikan kendaraan di profil pribadi Marketplace Facebook. Walau terlihat lebih mudah, namun hal ini juga akan membuat banyak orang kesulitan untuk mencari mobil antik maupun bekas di platform tersebut. Nampaknya kebijakan ini juga kemungkinan akan diterapkan dalam jangka waktu yang tidak sebentar.Dikutip dari The Verge, seorang user Reddit membagikan email yang ia dapat dari pihak Meta yang berisikan pemberitahuan mengenai daftar inventaris di Facebook. (1/9/2022)Email tersebut mengingatkan bahwa Meta tidak akan lagi mendukung penjual (dealer) untuk membuat daftar kendaraan maupun real estate pada halaman profil pribadi Facebook marketplace mulai tanggal 30 Januari 2023. Sedangkan daftar kendaraan, real estate dan rental untuk orang ke orang masih akan tersedia di fitur Marketplace. Selain itu, kemampuan individu untuk menjangkau pembeli juga tidak akan berubah dan pihak mereka akan merubah tampilan inventaris ini di masa mendatang.

Baca Juga: Meta Blokir 27 Juta Konten di India Selama Bulan Maret, Ini AlasannyaPemberitahuan ini mengisyaratkan bahwa tahun depan dealer kendaraan akan mengalami hambatan saat mencoba memposting mobil bekas di marketplace. Jelas, hal ini dilakukan Meta agar pihak dealer yang ingin memposting daftar kendaran mau membayar biaya iklan di Marketplace.Walau begitu, hal ini juga bisa membuat jumlah daftar iklan dealer yang lebih besar masuk ke daftar iklan gratis pada profil Facebook pribadi pengguna. Tentunya ini akan membuat pengguna sulit membandingkan daftar mobil berkualitas yang diunggah oleh pengguna (pribadi) disekitar dan juga daftar dari dealer. Meta juga tidak secara jelas melarang dealer untuk menggunakan profil pribadi dalam memasarkan kendaraannya. Namun, mereka menjelaskan "cara lain" agar dealer dapat menjangkau pembeli tanpa harus memposting daftar kendaraan dari halaman bisnis mereka. Salah satu cara tersebut adalah dengan "membuat daftar Marketplace khusus untuk penjualan kendaraan, rumah dan penyewaan dari profil pribadi pengguna."

Baca Juga: Meta Akui Langgar Hak Pengguna Palestina Saat Serangan Mei 2021Seperti yang kita tahu ada banyak sekali dealer yang menyamar menggunakan akun pribadi saat memposting kendaraan mereka di Marketplace. Walaupun dealer seperti ini harusnya memiliki label "dealer" pada profil mereka, namun biasanya mereka menghilangkannya. Atau mereka biasanya mengunggah list dengan label yang sangat kecil sehingga tidak terlihat oleh calon pembeli. Keresahan ini sering dikeluhkan oleh para calon pembeli karena banyak dari mereka yang sering tertipu dengan harga yang ditawarkan oleh pihak dealer yang menyamar tersebut. Mereka sering menjual mobil dengan harga yang sangat murah, namun sebenarnya hal tersebut hanyalah teknik marketing mereka untuk menarik minat konsumen. Padahal banyak dari pengguna yang ingin mendapatkan mobil bekas maupun antik melalui pribadi yang memang ingin menjual barang mereka.

Baca Juga: Meta Human Siap Jadi Tren Virtual Influencer, Gantikan Selebgram?

Kebanyakan dealer ini sangat mengganggu karena mereka sering memposting daftar mobil secara masif dan membuat pengguna sangat kesulitan mencari kendaraan di profil pribadi mereka. Kebijakan Meta ini sendiri nantinya akan diterapkan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Meksiko, Inggris Raya, Brazil, Jerman, Australia dan juga Indonesia. Tidak hanya untuk kendaraan, Meta juga menerapkan kebijakan ini ke daftar real estate dan penyewaaan namun kebijakan ini hanya berlaku di AS. (*)

Source : The Verge, Reddit

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest