Follow Us

Mahfud MD: Siapa Hacker Bjorka dan Posisinya Sudah Diketahui Pemerintah, Motifnya 'Gado-gado'

Wahyu Subyanto - Rabu, 14 September 2022 | 13:54
Mahfud MD - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam)
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO

Mahfud MD - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam)

Nextren.com - Ulah hacker bjorka yang mengklaim telah membobol data-data pribadi masyarakat Indonesia dipantau serius oleh pemerintah.Bahkan menurut Menko Polhukam Mahfud MD, siapa itu hacker Bjorka sudah teridentifikasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri. Hal itu merupakan hasil rapat Mahfud MD bersama Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BSSN Hinsa Siburian dan Menkominfo Johnny G Plate di Kantor Kemenko Polhukam, Rabu (14/9/2022) pagi.Sayangnya identitas Bjorka belum bisa diumumkan ke publik, karena terus diselidiki sehingga gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri.

Baca Juga: Bjorka Viral, Inilah Daftar 5 Hacker Indonesia Paling Ditakuti Dunia InternasionalBahkan gambaran siapa dan di mana posisi Bjorka sudah diketahui, karena pemerintah punya alat untuk melacak itu semua.Menurut Mahfud, serangan siber Bjorka punya motif “gado-gado”, mulai motif politik hingga ekonomi dan tak terlalu membahayakan. Pembobolan data ke instansi hingga pejabat negara RI oleh hacker dengan identitas dunia maya bernama Bjorka, kini sedang menjadi perhatian luas masyarakat.Hacker Bjorka mengklaim telah membobol data pelanggan Indihome, data registrasi SIM Card, data KPU RI, data pejabat negara dan dokumen Presiden Joko Widodo, termasuk surat dari Badan Intelijen Negara (BIN). Namun semua pihak membantah klaim dari Bjorka tersebut.

Baca Juga: Seakan Menantang, Hacker Bjorka Menunggu Pemerintah RI MenggerebeknyaMenurut Kepala Sekretariat Heru Budi Hartono, seperti dilansir kompas.com (14/9), tidak ada satu pun dokumen surat menyurat Presiden Jokowi yang diretas. Namun segala tindakan peretasan adalah melanggar hukum dan Budi Hartono meyakini aparat bakal menyelesaikan masalah ini.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest