Follow Us

Lawan Hoaks: Kemenkes, XL Axiata – Viamo Hadirkan Informasi Kesehatan Tanya321 di WhatsApp

Wahyu Subyanto - Jumat, 26 Agustus 2022 | 15:43
tanya321 menyediakan informasi kesehatan resmi dari Kementrian Kesehatan
tanya321

tanya321 menyediakan informasi kesehatan resmi dari Kementrian Kesehatan

Nextren.com - Pengguna WhatsAp yang sangat populer sebagai aplikasi chating dengan jutaan pengguna, membuat operator 4G XL Axiata, Viamo Indonesia (Viamo) dan Kementerian Kesehatan RI berkolaborasi meluncurkan layanan Tanya321.Lewat layanan ini, informasi resmi tentang kesehatan dari pemerintah dan organisasi internasional terkait bisa diakses 24 jam sehari, lewat aplikasi WhatsApp. Peluncuran layanan dilakukan oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, dr. Maria Endang Sumiwi, MPH, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO, Country Director Viamo Indonesia, Patrick M Compau, dan Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir di Jakarta pada Jumat (26/8). Layanan ini diharapkan bisa meningkatkan komunikasi, informasi dan edukasi dalam mendukung program pemerintah lewat Kementerian Kesehatan RI.

Baca Juga: Riset Kearney: Indonesia Butuh Investasi Lebih Untuk E-governmentChief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir, merasa senang berkolaborasi dengan Viamo Indonesia mendukung Kementerian Kesehatan RI untuk menyediakan layanan akses informasi kesehatan Tanya321.Pemilihan aplikasi WhatsApp untuk penyebaran informasi sangat relevan, karena di Indonesia ada lebih dari 80 juta pengguna WhatsApp di tahun 2021 (sumber: Statista, 2021). Untuk menikmati layanan ini, masyarakat bisa menghubungi Tanya321 lewat WhatsApp di nomor 0819 - 0819 - 2 - 321 atau di link bit.ly/tanya321.Informasi di Tanya321 ini, tak hanya informasi COVID-19 dan vaksin, namun juga informasi kesehatan ibu dan anak, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pola hidup sehat, kesehatan mental, serta edukasi penyakit lainnya. "Kami menghadirkan Tanya321, WhatsApp Chatbot yang berisi informasi vital untuk membantu masyarakat melindungi diri dan keluarganya, mencegah penyakit stunting, dan melawan penyakit lain,” ujar Patrick M Compau, Country Director dari Viamo Indonesia.

Peluncuran tanya321 XL Viamo Kemenkes RI
XL

Peluncuran tanya321 XL Viamo Kemenkes RI

Sementara itu, Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, dr. Maria Endang Sumiwi, mengatakan bahwa Layanan Tanya321 menjadi salah satu bentuk usaha melawan misinformasi dan hoaks, berupa informasi resmi kesehatan.Ini lanjutan dari program kolaborasi pada Mei 2020 silam lewat layanan hotline 321, di mana pelanggan XL Axiata bisa mengakses berita harian dan informasi penting seperti kesehatan, pertanian, cuaca, dan lainnya dari semua tipe hape.Lebih dari 430 ribu penelpon telah mengakses layanan ini dan mendengarkan lebih dari 280 ribu pesan penting yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest