Follow Us

Pancing Amukan China, Rombongan Parlemen AS Kunjungi Taiwan di Tengah Konflik

Gama Prabowo - Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:44
Parlemen AS kunjungi Taiwan untuk bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen
Johnson Lai/AP

Parlemen AS kunjungi Taiwan untuk bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

Nextren.com - Pejabat AS kembali melakukan kunjungan ke Taiwan meski telah mendapat kecaman China sebelumnya.

Kali ini, giliran parlemen AS yang melakukan kunjungan selama 2 hari sejak Minggu (14/8).

Parlemen AS Kunjungi Taiwan ini menjadi kunjungan pejabat tinggi AS kedua setelah Ketua DPR Nancy Pelosi yang mengunjungi Taiwan pada awal Agustus lalu.

Kunjungan parlemen AS mengusung misi untuk bertemu secara langsung dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen untuk membahas kepentingan bersama dua negara.

Baca Juga: Gertakan China: Upaya Taiwan Mencari Kemerdekaan Percepat Mereka Masuk Jurang

China sebelumnya telah mengingatkan kepada AS untuk tidak memancing ketegangan di Selat Taiwan dengan melakukan kunjungan ke Taiwan.

Beijing, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, telah menggelar latihan militer di sekitar pulau tersebut setelah kunjungan Ketua DPR AS ke Taipei pada awal Agustus.

Latihan militer China di Selat Taiwan adalah bentuk peringatan keras kepada AS dan Taiwan untuk tidak melakukan provokasi lebih lanjut.

Namun, AS pada kenyataannya tak menghiraukan ocehan China dan nekat memancing amukan China dengan menjalankan kunjungan ke Taiwan.

Padahal, AS sendiri telah menyepakati prinsip One China yang mengakui bahwa Beijing adalah pemerintah yang sah untuk China daratan dan kepulauan (Taiwan).

Baca Juga: Latihan Militer China di Selat Taiwan Bikin Kisruh, Kerahkan 100 Jet Tempur dan 10 Kapal Perang!

Kedutaan Besar China di Washington mengatakan bahwa kunjungan parlemen AS di Selat Taiwan sekali lagi menunjukan bahwa AS tak ingin melihat stabilitas di Taiwan.

Editor : Nextren

PROMOTED CONTENT

Latest