Follow Us

Telegram Premium vs Telegram Biasa, Banyak Fitur Ekstra Segini Biayanya

Wahyu Subyanto - Senin, 20 Juni 2022 | 22:08
Ilustrasi Telegram Premium
gadgets360

Ilustrasi Telegram Premium

Nextren.com - Setelah sekian lama hadir gratis, mulai Minggu (19/6/2022) Telegram secara resmi menghadirkan layanan berbayar bernama "Telegram Premium". Menurut blog resmi Telegram, layanan Telegram Premium ini bertujuan agar pengguna bisa mendukung pengembangan Telegram dan memberi akses ke fitur tambahan eksklusif.Beberapa fitur premium ada di Telegram Premium, sebagai peningkatan fitur di Telegram biasa. Inilah fitur-fitur eksklusif Telegram Premium dibanding Telegram biasa yang gratis. 1. Konversi pesan suara ke teks Pesan suara bisa diubah ke pesan teks secara otomatis. Fitur ini berguna saat pengguna menerima voice message, namun sedang tidak membawa earphone untuk mendengarkannya.

Baca Juga: Gak Perlu Bikin Website, Pedagang Kini Bisa Jualan via Chat Telegram dengan Bot CanggihJadi pengguna tetap bisa menerima pesan suara tanpa perlu mendengarkannya, karena bisa langsung dibaca berupa teks. Untuk menikmatinya, cukup klik ikon "A dengan panah ke kanan" agar pesan suara diubah menjadi pesan teks. Hasil transkrip akan tersedia di bawah pesan suara. 2. Kustomisasi folder chat utama Saat membuka aplikasi Telegram, selama ini pengguna langsung bisa melihat seluruh chat, seperti chat persoal, channel yang diikuti, atau chat dari orang baru. Di Telegram Premium, daftar chat yang tampil bisa diatur. Jadi bukan melihat seluruh chat, tapi pengguna bisa membuat folder chat seperti "Family" (keluarga) atau "Work" (pekerjaan) dan diatur menjadi folder utama di Telegram. Jadi setiap kali membuka Telegram, hanya folder chat yang diprioritaskan yang terlihat. 2. Ukuran file postingan maksimal 4 GB Di Telegram Premium, pengguna bisa mengirim file maksimum 4 GB ke ruang chat. Besarnya file 4GB ini berarti dua kali lipat dibandingkan pengguna Telegram biasa yang hanya 2 GB.

Baca Juga: Telegram Hadirkan Fitur Live Streaming & Download Manager, Update Yuk!3. Kapasitas fitur biasa ditingkatkan dua kali lipat Di Telegram Premium, fitur biasa akan ditingkatkan kapasitasnya dua kali lipat. Misalnya, pelanggan Telegram Premium bisa bergabung ke 1.000 channel, dibandingkan hanya 500 channel seperti pengguna biasa. Kapasitas lainnya, pelanggan bisa membuat 20 folder chat (masing-masing 200 chat), menyimpan 10 stiker, dan menyematkan hingga 10 chat. Di Telegram Premium, empat akun ke Telegram bisa ditambahkan. Di Telegram Premium, bisa ditampilkan Bio yang lebih panjang berikut link.

4. Fitur premium lain Di Telegram Premium, tersedia puluhan stiker unik, lebih 10 emoji reaksi eksklusif, foto profil animasi, dan download file lebih cepat. Pengguna Telegram Premium bakal diberikan premium badge berbentuk ikon bintang di samping nama akunnya, dilansir dari blog Telegram, Senin (20/6/2022). Fitur yang selama ini gratis bagi pengguna reguler, akan tetap gratis. Namun, Telegram tidak memberikan informasi biaya berlangganan untuk Telegram Premium dan ketersediaannya di negara mana saja. Beberapa waktu lalu, TechCrunch melaporkan bahwa harga berlangganan Telegram Premium sekitar 5-6 dollar AS (Rp 74.000 - Rp 89.000).

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest