Follow Us

Teknologi AI Smartphone, Saat Kamera Meniru Kemampuan Fotografer

Wahyu Subyanto - Jumat, 04 Mei 2018 | 19:18
OPPO F7 red
OPPO

OPPO F7 red

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.

Nextren.grid.id - Bbeerapa saat lalu, OPPO Indonesia resmi meluncurkan OPPO F7 di Jakarta, Indonesia (17/4/2018). Hadir dengan tiga warna pilihan; Solar Red, Moonlight Silver, dan Diamond Black, OPPO F7 dijual dengan harga Rp4.199.000,-. Warna Solar Red dan Moonlight Silver sudah tersedia sejak 13 April, sementara Diamond Black akan tersedia pada 3 Mei.Selain prosesor kencang, hal baru dari F7 ini adalah sudah ditanamkan teknologi AI lebih baru ke dalam fitur fotografi selfie.

(BACA : Penasaran Paket Internet Indosat 35GB? Cek Dulu Pembagian Kuotanya )Seperti namanya, AI (Artificial Inteligence) adalah kecerdasan buatan yang bisa membantu pengguna memaksimalkan F7 secara otomatis.Uniknya, penerapan AI di kamera membuat kemampuannya bisa meniru kehebatan para fotografer.Bagaimana caranya?

Ternyata Oppo mengundang para fotografer profesional, untuk mengajari kamera OPPO F7 bagaimana menghasilkan foto yang bagus.

Berbagai saran dan tips dari para fotografer itu dimasukkan ke dalam database AI di kamera, sehingga saat bertemu obyek yang senada, maka saran fotografer tersebut diterapkan.

Sementara untuk mendapatkan foto selfie yang menarik dan natural, sistem AI di kamera F7 dijejali dengan database 8 juta wajah orang yang berbeda-beda dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

25MP + Sensor HDR Real-TimeOPPO F7 menjagokan kamera depannya yang 25MP, karena dibekali sensor High Dynamic Range (HDR) real-time. Tak seperti fitur HDR sebelumnya yang hanya diolah secara software, ada 3 sensor HDR khusus yang membuat proses pembuatan foto HDR lebih cepat.

Berbeda dengan sistem HDR software yang merekam foto dengan exposure EV -2, 0 dan +2, maka dengan sensor HDR ini sebuah foto diambil dengan EV -2, 0 dan +6.Berkat teknologi ini, foto yang ditangkap akan mengandung lebih banyak ‘informasi’, baik berupa detail, intensitas cahaya, dan level warna.Hal itu berlaku baik ketika diambil di tengah terik matahari maupun di tempat teduh. (BACA : Begini Perbandingan Sony Xperia XZ2 dengan Sony Xperia XZ2 Compact )

foto backlight Oppo F7
Oppo

foto backlight Oppo F7

AI Beauty 2.0Awalnya, teknologi AI Beauty Recognition dikenalkan lewat OPPO F5, untuk membuat foto selfie yang lebih natural dan personal. Kini, F7 dibekali generasi kedua teknologi AI Beauty 2.0 untuk memperkuat fotografi selfie. Beberapa fitur terbaru dibenamkan, seperti kemampuan facial recognition yang lebih akurat, efek beautification yang lebih baik, kemampuan self-learning sesuai preferensi pengguna, dan lainnya. Teknologi AI Beauty 2.0 ini mampu mengenali 296 titik wajah.Hal ini meningkat 20% dari generasi sebelumnya, sehingga mampu mengenali wajah secara lebih tepat dan akurat.

AI generasi terbaru ini menggunakan tiga facial zone untuk membaca wajah penggunanya, yaitu T Zone untuk identifikasi dahi dan hidung, E Zone untuk identifikasi bagian mata, dan U Zone untuk identifikasi pipi dan dagu.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest