Follow Us

Gojek Siapkan Kendaraan Listrik untuk Para Driver Ojol, Target 100 persen di Tahun 2030

Fahmi Bagas - Rabu, 23 Februari 2022 | 09:30
Presiden Jokowi dengan CEO Gojek, Kevin Aluwi sedang menguji coba kendaraan listrik yang siap dikembangan di Indonesia.
YouTube/ Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi dengan CEO Gojek, Kevin Aluwi sedang menguji coba kendaraan listrik yang siap dikembangan di Indonesia.

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Gojek bersama dengan TBS membangun sebuah perusahaan patungan bernama Electrum.

Perusahaan itu pun kini secara resmi telah menjalin kolaborasi dengan beberapa perusahaan lain seperti Gesits, Gogoro, dan Pertamina.

Peresmian sinergi perusahaan-perusahaan itu pun dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan didampingi juga oleh sejumlah menteri.

Lebih lanjut, Gojek sendiri memang sedang menyiapkan kendaraan listrik untuk para driver ojol yang saat ini masih menggunakan motor berbahan bakar bensin.

"Fokus adopsi motor listrik kami pandang tepat untuk Indonesia, di mana penggunaan motor lebih banyak dibandingkan mobil," ucap CEO and Co-Founders Gojek, Kevin Aluwi, pada konferensi pers virtual, Selasa (22/2) kemarin.

"Dengan uji coba komersial motor listrik untuk digunakan oleh mitra driver Gojek, kami bisa mendapatkan berbagai insight dari mitra driver dan penumpang atau konsumen," tambahnya.

Kevin juga mengatakan bahwa masukan-masukan dari uji coba kendaraan listrik yang sudah dilakukan oleh driver ojol serta konsumen pun bisa menjadi landasan rencana perusahaan ke depannya.

Pasalnya, Gojek dan TBS yang tergabung dalam Electrum akan mencoba untuk mengembangkan beberapa produk ekosistem kendaraan listrik.

Baca Juga: Cara Ubah Vespa 2-Tak Jadi Motor Listrik, Segini Biayanya di BSD Tangsel

Diketahui bahwa Electrum berencana untuk membangun manufaktor motor listrik, infrastruktur penukaran baterai, teknologi pengemasan baterai, dan pembiayaan saat ingin memiliki kendaraan listrik.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest