Follow Us

Perusahaan Israel Dituntut Apple, Google, dan Microsoft, Masalah Apa?

Gama Prabowo - Rabu, 24 November 2021 | 16:12
Ilustrasi Apple dan Google
Vox

Ilustrasi Apple dan Google

Nextren.com - Perusahaan NSO Group asa Israel digugat oleh sejumlah raksasa teknologi.

Baru-baru ini, Apple resmi meluayangkan gugatan terhadap NSO Group yang bertanggung jawab atas pengembangan dan pengoperasian spyware Pegasus.

Tak hanya Apple, perusahaan raksasa teknologi seperti Meta (Facebook), Microsoft, dan Google juga turut menggugat NSO Group.

Apple akhirnya mengambil langkah tegas terkait kasus spyware Pegasus yang menyerang sejumlah perangkat iPhone pada bulan Juli lalu.

Baca Juga: Inilah Alat Pendeteksi Spyware Pegasus di iOS dan Android, Gratis!

Pada umumnya perusahaan-perusahaan raksasa tersebut menuntut tanggung jawab atas perbuatan sewenang-wenang yang dilakukan oleh NSO Group melalui spyware Pegasus.

Melansir dari The New York Times, Direktur Senior Commercial Litigation Apple, Heather Granier mengungkapkan bahwa Apple menggugat NSO Group untuk kepentingan pengguna produknya.

Heather Grainer menegaskan bahwa Apple tak akan pernah membiarkan penggunanya mengalami gangguan keamanan privasi dalam bentuk apapun.

Lalu, bagaimana sikap Apple setelah melakukan gugatan terhadap NSO Group? Simak penjelasan di halaman berikutnya

Selain melayangkan gugatan terhadap NSO Group, Apple juga memutuskan untuk menutup seluruh layanan Apple bagi NSO Group secara permanen.

Melansir dari The Verge, NSO Group dilarang untuk menggunakan software, hardware, dan seluruh layanan dari Apple.

Craig Federighi sebagai VP Software Engineering Apple menyebutkan bahwa NSO Group merupakan perusahaan yang cukup berbahaya karena mengembangkan teknologi pengawasan tanpa akuntabilitas yang efektif.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest