Follow Us

Operasikan BTS USO di Pelosok, Jaringan 4G XL Axiata Ada di Maluku dan Papua

Wahyu Subyanto - Jumat, 17 September 2021 | 14:20
BTS XL Axiata di lokasi pelosok seperti Kepulauan Maluku dan Papua
XL

BTS XL Axiata di lokasi pelosok seperti Kepulauan Maluku dan Papua

Nextren.com - Operator 4G XL Axiata membangun infrastruktur jaringan 4G ke berbagai wilayah terpencil di Kawasan Timur Indonesia, termasuk lewat skema Universal Service Obligation (USO).

Skema USO ini bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, yang dibangun di sedikitnya 181 titik terpencil di Kepulauan Maluku yang sangat luas, serta di Papua.

Pengoperasian BTS USO ini telah dimulai dari Desember 2019 dan terus bertambah sepanjang 2020. Menurut Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam keterangan tertulisnya kepada Nextren (17/9), lewat program USO mereka berupaya menyediakan jaringan 4G hingga area-area pelosok di 14 kabupaten di Kepulauan Maluku yang sangat luas, mulai Halmahera di Utara, Maluku Tengah, hingga Kepulauan Aru di Selatan.

Baca Juga: Demo Layanan 5G XL Axiata di 4 Kota Lewat VR dan 4K Streaming

"Kami juga mulai melayani 10 kabupaten di Papua dan Papua Barat yang rata-rata memiliki medan yang sulit," ujar Gede.

Hadirnya ratusan infrastruktur jaringan 4G tersebut diharapkan bisa mendorong produktivitas ekonomi dan memfasilitasi kebutuhan sosial warga sekitar, serta membuka keterisolasian mereka dari dunia luar. Menurut Gede, ada 83 titik BTS USO 4G yang telah dioperasikan di Maluku Utara saat ini, tersebar di Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Pulau Taliabu.

Lalu di Provinsi Maluku ada total 39 BTS USO, yaitu di Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

Untuk Propinsi Papua ada total 36 BTS USO, berada di Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Merauke.

Berikutnya di Propinsi Papua Barat ada total 23 BTS USO, berada di Kabupaten Fakfak, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Maybrat, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Teluk Wondama. Lewat layanan 4G ini, tersedia akses data bagi warga masyarakat di kawasan ini.

Sebelumnya, desa tempat tinggal mereka sama sekali belum pernah terjangkau oleh jaringan data.

Baca Juga: Tiga Operator 5G di Indonesia, Teknologinya Beda-beda

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest