Follow Us

Tips Mengamankan Data Pribadi yang Ada di Platform Online

Nana Triana - Jumat, 22 Mei 2020 | 13:43
Ilustrasi menjaga keamanan data
DOK. Shutterstock

Ilustrasi menjaga keamanan data

Di zaman digitalisasi seperti sekarang, kehidupan sehari-hari kita tidak bisa terlepas dengan platform online. Semua ini sudah menjadi kebutuhan kita seiring dengan berkembangnya teknologi dan industri 4.0.

Hal ini, ternyata diiringi juga dengan bertumbuhnya kejahatan-kejahatan siber yang banyak dilakukan dan sering kali memakan korban. Terutama korban yang tidak begitu mengerti teknologi, akan sangat rentan terkena phishing dari orang-orang jahat yang mendapatkan data pribadi kita.

Menurut Hendra Lesmana, CEO dari NTT Indonesia, hasil laporan yang didapat PT NTT Indonesia menunjukkan bahwa dalam periode physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar, jumlah kejahatan siber naik hingga 30.000 persen.

Baca Juga: Pemerintah Minta Asosiasi E-Commerce Bisa Tingkatkan Keamanan Data

Oleh karena itu, Gridnetwork bekerja sama dengan Lazada, telah membuat diskusi bertajuk “Apa yang Harus Dilakukan Konsumen agar Data Pribadi Online Aman?” dalam rangka sadar akan pentingnya keamanan data pribadi di era digital seperti sekarang.

Diskusi ini menghadirkan tiga narasumber yang ahli di bidangnya seperti Alfonus Tanujaya yang merupakan pakar digital security, Hendra Lesmana, CEO dari NTT LTD, dan Ferry Kusnowo, Chief Customer Officer Lazada Indonesia. Selain itu, diskusi ini dimoderatori oleh Kama Adritya, Pimpinan Unit Nextren.

Berikut ini tips-tips yang bisa digunakan untuk mengamankan data pribadi kita, agar bisa aman dalam menjalani hari khususnya di era sekarang yang semua serba dilakukan online karena #DiRumahAja.

Baca Juga: Sering Belanja di Situs E-Commerce Semenjak PSBB? Ini Tips Amankan Akun Anda

  1. Memastikan tidak ada malware di perangkat kita
Selalu berhati-hati dan mengecek apakah ada malware di perangkat keras yang kita pakai. Apalagi membuka email dengan perangkat baru yang kita tidak ketahui historis penggunaannya.

Biar lebih aman lagi, hindari sign-in e-mail atau apapun itu di perangkat yang bukan milik kita demi menghindari kemungkinan hacker yang sudah memasangkan malware di perangkat tersebut.

Baca Juga: Tips Amankan Data Pribadi di Platform Digital: Jangan Terlalu Jujur!

  1. Pastikan memilih aplikasi yang tepercaya
Sebelum kita mengisi data diri pada suatu platform, lebih baik riset terlebih dahulu apakah platform tersebut aman atau tidak, dan bisa dipercaya atau tidak. Hindari mendownload aplikasi selain dari Playstore (Android) atau Appstore (Apple).

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest