Follow Us

Mengapa Kamera Galaxy A8 Tidak "Menonjol" Meski Tubuhnya Tipis?

Yoga Hastyadi Widiartanto - Jumat, 31 Juli 2015 | 16:04
Samsung Galaxy A8
SamMobile

Samsung Galaxy A8

Dengan ketebalan hanya 5,9mm, Galaxy A8 adalah smartphone Android tertipis yang pernah dibuat oleh Samsung. Bagian kameranya pun relatif rata dengan bodi ponsel, tak terlalu menonjol seperti pada ponsel tipis lain. Apa rahasianya?Menurut informasi yang dirangkum Nextren dari Engadet, Jumat (31/7/2015), Samsung ternyata membuat sensor 16 megapiksel dalam ukuran yang lebih kecil, khusus untuk Galaxy A8.

Caranya adalah dengan menciutkan ukuran masing-masing foto dioda penangkap cahaya (pixel) pada sensor dari biasanya 1,12 mikron seperti pada kamera Galaxy S6 menjadi hanya 1 mikron.

Hal ini berhasil mengurangi ketebalan sensor, yang pada akhirnya turut menciutkan modul kamera keseluruhan sehingga tebalnya menjadi kurang dari 5mm. Kamera pada Galaxy A8 pun bisa dibuat agar serata mungkin dengan bodi ponsel di sekelilingnya, tak menonjol seperti "punuk unta". Perlu dicatat bahwa pengurangan ukuran pixel biasanya akan turut menurunkan kualitas tangkapan gambar kamera, terutama dalam kondisi minim cahaya (low-light). Namun hal ini tentu masih belum bisa diketahui pasti sebelum menguji secara langsung kamera Galaxy A8.Samsung saat ini sudah mulai memproduksi masal sensor 16 megapixel berkode "S5K3P3" itu, kemungkinan untuk turut dipakai di model ponsel lain di luar Galaxy A8 agar sama-sama memiliki kamera yang ramping.

Source : Engadget.com

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

Latest