Follow Us

Belum Vaksin Covid-19 Tidak Perlu Panik, Coba Daftar Lewat Link Ini

Zihan Fajrin - Selasa, 07 September 2021 | 17:00
Ilustrasi vaksin Covid-19

Ilustrasi vaksin Covid-19

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Bagi kalian yang belum vaksin Covid-19 tidak perlu panik, sentra vaksin dari Universitas Indonesia (UI) di kampus Salemba masih membuka pendaftarannya.

Usaha Indonesia untuk memberantas virus Covid-19 salah satunya dengan gerakan vaksinasi.

Mengutip kompas.com (6/9), Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono pernah mengatakan terkait vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Kronologi Sertifikat Vaksin Jokowi Bocor, NIK Didapat dari Situs KPU?

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 sangat penting, tak hanya untuk menekan penularan virus corona, tapi juga untuk mencegah kematian.

Dengan vaksinasi Covid-19, seseorang yang tertular Covid-19 akan lebih memiliki imunitas sehingga tak mengalami gejala parah yang dapat berakibat fatal.

Hal ini pun bisa dilihat dari statistik kematian pasien Covid-19 di Indonesia, dari 135.861 pasien Covid-19 yang meninggal dunia sampai kemarin, sebanyak 94%-nya belum mendapat vaksinasi.

"Vaksinasi menjadi sangat penting karena data dari angka kematian di RS adalah 94 persen yang meninggal belum menerima vaksinasi," ujar Dante saat membuka sentra vaksinasi di Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat, Senin (6/9/2021) mengutip GridHealth.

Pernyataan Dante dan data dari Indonesia juga didukung dari penelitian nhs.uk.

Pada artikel nhs.uk yang berjudul "Why vaccination is safe and important" menjelaskan bahwa orang yang sudah divaksin sistem kekebalannya mampu mengenali dan tahu cara melawan suatu infeksi penyakit.

Artinya jika seseorang disuntik vaksin Covid-19, maka sistem kekebalan kita akan terlatih dalam melawan Covid-19.

Source : kompas, NHS, Gridhealth

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest