Follow Us

5 HP Android Ini Akan 'Mati' Pada 27 September 2021, Cek Ponsel Kamu!

Fahmi Bagas - Senin, 02 Agustus 2021 | 12:00
Ilustrasi aplikasi HP Android
kompas.com

Ilustrasi aplikasi HP Android

Nextren.com - Google secara bertahap akan membuat seri-seri ponsel dengan sistem operasi (OS) Android lawas 'mati' dan mengurangi fungsinya.

Melalui email yang dikirim oleh perusahaan kepada pengguna yang masih menggunakan sistem operasi Android lawas disebutkan bahwa langkah tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 27 September 2021 mendatang.

Dilansir dari 91Mobiles, tercatat setidaknya ada 5 HP Android yang nantinya tidak akan bisa melakukan aktivitas smartphone seperti pada umumnya.

"Untuk tetap bisa menggunakan aplikasi Google di ponsel ini (Android jadul), update ponsel ke Android versi 3.0 Honeycomb, atau lebih baru," ungkap Google dalam pernyataan tertulisnya.

Baca Juga: Google Doodle Rilis Game Spesial Olimpiade 2020, Gini Cara Mainnya

Secara detail, disebutkan bahwa pengartian 'mati' pada HP Android lawas ini adalah terblokirnya akses ke sejumlah aplikasi yang dikembangkan oleh Google.

Artinya, orang-orang yang masih memaksakan untuk menggunakan ponsel dengan OS jadul sudah tidak akan bisa menjalankan aplikasi seperti Gmail, YouTube, Gmaps, Play Store, dan lainnya.

Tujuan Google

Kendati terkesan memaksa orang-orang untuk mengganti ponsel ke versi terbaru.

Namun Google berdalih bahwa apa yang dilakukannya ini memiliki tujuan keamanan konsumen.

Pihak perusahaan mengaku kalau penghentian aplikasi di Android lawas akan meningkatkan keamanan pengguna dari kejahatan siber.

Menurut laman resmi Google, nantinya para pengguna ponsel jadul tersebut akan menerima notifikasi "username or password error" ketika ingin membuka aplikasi di perangkat.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest