Follow Us

Perbedaan Jumlah Kata dan Jumlah Karakter, Jangan Sampai Salah!

Maulani Mulianingsih - Rabu, 26 Oktober 2022 | 16:00
Perbedaan jumlah kata dan jumlah karakter
Screenshot

Perbedaan jumlah kata dan jumlah karakter

Nextren.com -Jumlah kata dan jumlah karakter tentu berbeda, kamu perlu mengetahuinya agar tidak salah menghitungnya.

Bagi kamu yang sering menggunakan microsoft word, jumlah kata atau jumlah karakter dalam sebuah tulisan merupakan hal yang penting.

Terlebih jika ada tugas kuliah yang mengharuskan kamu untuk menulis dengan minimal jumlah kata atau jumlah karakter tertentu.

Kamu dapat dengan mudah mengetahui jumlah kata atau jumlah karakter dari tulisan kamu dengan fitur yang ada di microsfot word.

Baca Juga: Cara Melihat Jumlah Kata di Microsoft Word dan Google Docs, Gampang!

Namun mungkin ada beberapa diantara kamu yang masih sering bingung atau tertukar perbedaan jumlah kata dan jumlah karakter.

Berikut adalah penjelasan perbedaan jumlah kata dan jumlah karakter.

Jumlah kata atau Words Count adalah jumlah kata atau beberapa eleman makna yang digunakan untuk membentuk sebuah kalimat.

online di Indonesia pada 2017 meningkat 35,8% dibandingkan dua tahun sebelumnya", jumlah kata dalam kalimat tersebut berjumlah 15 kata.

Baca Juga: Cara Bikin Bagan Organisasi di Microsoft Word, Mudah dan Praktis!

Sedangkan jumlah karakter atau adalah jumlah huruf atau simbol yang terdapat pada sebuah teks. Artinya simbol seperti titik, koma, tanya, seru dan lain lain juga termasuk dalam karakter yang terhitung pada sebuah teks.

Sedangkan untuk spasi, pada microsoft word kamu dapat menghitung karakter sebuah teks tanpa atau dengan spasi.

Misalnya dalam sebuah kalimat tertulis "pembaca berita melalui media online di Indonesia pada 2017 meningkat 35,8% dibandingkan dua tahun sebelumnya", karakter dengan spasi pada kalimat tersebut berjumlah 108, sedangkan jika tanpa spasi berjumlah 94.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest