Follow Us

Efek Gadget Pada Anak Tergantung Orang Tua, Ini Metode Untuk Kelola Emosi Anak

Fahmi Bagas - Kamis, 22 Juli 2021 | 21:50
Tokopedia selenggarakan acara peringatan Hari Anak Nasional dengan tema
Tokopedia

Tokopedia selenggarakan acara peringatan Hari Anak Nasional dengan tema

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Penggunaan smartphone atau gadget pada anak memberikan efek positif dan negatif.

Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua guna bisa menjaga anak-anak di dunia digital, baik secara emosi ataupun perilaku yang ditimbulkan oleh anak.

Memperingati Hari Anak Nasional 2021, Tokopedia pun menggelar sebuah acara konferensi pers virtual bertajuk "Orang Tua Bahagia, Kunci Kesehatan Mental Anak", pada hari Kamis (22/7) sore.

Baca Juga: Tips Aman Saat Anak Berinternet, Cegah Hacker dan Pelaku Bully

"Menyambut Hari Anak Nasional, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk UMKM lokal dan lainnya, untuk mempermudah keluarga memenuhi kebutuhan harian sekaligus menjaga kesehatan mental anak di tengah pandemi," ucap External Senior Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir seorang Fathya Artha Utama, selaku Psikolog Anak yang membagikan informasi dan tips bagaimana cara orang tua bisa hadir sebagai pendamping anak saat bermain gadget.

"Selama pandemi ini, ada survei yang menunjukkan penggunaan internet pada anak meningkat. Tapi hal itu bisa disiasati," ucapnya.

Ia pun menjelaskan kalau pemberlakuan batas jam atau durasi penggunaan HP pada anak menjadi sesuatu yang utama dilakukan orang tua.

"Kapan bermain gadget dan berapa lama," ujar Fathya.

Baca Juga: Tips Cegah Penularan Covid-19 Varian Delta Kepada Anak Menurut Halodoc

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest